Follow detikFinance
Jumat, 22 Des 2017 18:04 WIB

Pengamat Sebut Bangun Jalan Mahal, Berapa Sih Biayanya?

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Haris Fadhil/detikcom Foto: Haris Fadhil/detikcom
Jakarta - Pengamat Transportasi dari Unika Soegijapranata, Djoko Setijowarno menyayangkan kebijakan penggunaan jalan yang diperuntukkan bagi pedagang kaki lima (PKL) di Tanah Abang. Padahal jalan yang dibangun sejatinya diperuntukkan bagi pejalan kaki atau pengendara sepeda motor, yang dibangun dengan biaya yang cukup mahal.

Lantas, seberapa mahal biaya pembangunan sebuah jalan?

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian PUPR, Danis H Sumadilaga mengatakan, biaya pembangunan jalan bervariasi tergantung bagaimana bentuk jalan dan medan jalan yang dibangun. Beberapa variabel yang menjadi pengaruh biaya pembangunan jalan di antaranya lebar jalan, jenis konstruksi, medan pembangunan hingga fasilitas pendukung jalan seperti adanya pembangunan flyover atau underpass.


Gambarannya, untuk jalan dengan lebar 2 sampai 3 meter sendiri, di luar biaya pembebasan lahan, biayanya berkisar Rp 10 hingga 30 miliar per kilometer (km).

"Kalau lebarnya itu dua sampai tiga meter, biayanya bisa Rp 10 miliar sampai 20 miliar per kilometernya. Tergantung lebar jalan, kesulitan medan pembangunannya, apakah ada jalan yang naik atau bagaimana," katanya kepada detikFinance saat dihubungi di Jakarta, Jumat (22/12/2017).

Dengan demikian, jika dalam satu ruas jalan terdapat dua jalur, dengan lebar masing-masing jalur lebarnya 2 hingga 3 kilometer, maka biaya pembangunan 1 ruas jalan per kilometernya bisa mencapai Rp 60 miliar.


Biaya pembangunan jalan juga bisa mencapai Rp 100 miliar per kilometernya, jika lokasi pembangunan jalan membutuhkan jenis konstruksi khusus, termasuk untuk pembebasan lahannya. Hal ini sama dengan biaya pembangunan jalan tol per km-nya.

"Jadi biaya pembangunan jalan itu bervariasi. Tergantung mau bangun jalan baru, jalan lama di-preservasi, jalan elevated atau bagaimana," pungkasnya. (eds/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed