Follow detikFinance
Jumat, 22 Des 2017 22:30 WIB

Mama di Nabire Minta Pelabuhan Bagus, Jokowi: Saya Bangun

Danu Damarjati - detikFinance
Foto: Danu Damarjati/detikcom Foto: Danu Damarjati/detikcom
Nabire - Saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjalan di dermaga Pelabuhan Nabire, seorang mama berbaju ungu muncul dari Kapal Motor Penumpang (KMP) Napan Wainam yang tengah sandar. Mama itu melangkah maju ke depan Jokowi dan langsung curhat.

Kejadian ini berlangsung saat Jokowi meninjau Pelabuhan Nabire, Provinsi Papua, Kamis (21/12/2017) bersama Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Gubernur Papua Lukas Enembe, dan Bupati Nabire Isaiah Douw.

Mama usia paruh baya itu ditemani sejumlah sanak familinya. Dia memperkenalkan dirinya sebagai Uda Ester Wawei dari Teluk Wondama. Dia ingin Jokowi membangun Pelabuhan Nabire ini sehingga menjadi lebih bagus.

"Mohon Bapak Presiden perhatikan bangunannya," pinta Ester.


Presiden Jokowi tinjau Bandara NabirePresiden Jokowi tinjau Bandara Nabire Foto: Danu Damarjati/detikcom

Menhub Budi mencoba mendengarkan kata-kata Ester lebih jelas dengan cara sedikit membungkukkan badannya. Ester berbicara dengan logat yang khas. Namun, permintaan pembangunan-pengembangan Pelabuhan Nabire itu segera direspons Jokowi

"Ya. Tahun depan saya bangun. Dah," jawab Jokowi ke Ester.

Ester terus saja menyalurkan aspirasinya ke Jokowi, sosok yang jarang ditemuinya. Jokowi yang berkemeja putih dan berhelm putih tetap mendengarkan.

"Saya mengharapkan, mewakili penumpang-penumpang dan anak buah kapal seluruhnya," kata Ester, menjelaskan perihal aspirasinya itu.

Jokowi mencoba meyakinkan kembali ke Ester, bahwa keinginannya bakal coba diwujudkan di 2018. Memang Kementerian Perhubungan akan merencanakan demikian.

"Tahun depan tinggal dua minggu," kata Jokowi.

"Satu tahun selesai," imbuh Budi Karya.

Presiden Jokowi tinjau Pelabuhan NabirePresiden Jokowi tinjau Pelabuhan Nabire Foto: Danu Damarjati/detikcom

Jokowi memaklumi Ester yang memanfaatkan waktunya untuk menyampaikan aspirasi kepada dirinya. Soalnya problem warga di daerah yang jauh dari kota besar memang tak sedikit.

"Daerah kan banyak masalah, ya kan," kata Jokowi kepada wartawan, setelah perbincangan dengan Ester selesai.

Pelabuhan ini termasuk salah satu fasilitas tol laut, garapan Kementerian Perhubungan. Pihak swasta akan digandeng untuk pengembangan pelabuhan ini. Harapannya, ini bisa menjadi pelabuhan utama bagi enam kabupaten di sekitar Nabire. Tahun depan, terminal kargo dan terminal penumpang akan diperbesar. (dnu/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed