Follow detikFinance
Sabtu, 20 Jan 2018 11:05 WIB

Sorotan ke Rumah DP Rp 0: Bekas Lahan Mangkrak hingga Biaya Perawatan

Trio Hamdani - detikFinance
Halaman 1 dari 7
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah meresmikan pembangunan rumah DP Rp 0 di Jalan Haji Naman, Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Banyak warga yang menyebut, lahan yang jadi calon rumah DP Rp 0 itu, dulu bekas proyek apartemen mangkrak.

Seorang netizen bernama Luki mengklaim anggota keluarganya pernah membeli apartemen di lokasi yang sama bernama Pondok Kelapa Village. Dibeli sejak 2015, hingga kini pembangunan tak juga dimulai.

Dia kaget setelah melihat di kawasan yang sama ada seremoni pembangunan proyek rumah DP Rp 0.


Di akun twitternya, dia bercerita sejak 2015 dia membeli apartemen Pondok Kelapa Village. Meski pembangunan belum dilakukan, dia mulai mencicil rutin setiap bulan.

"Hingga awal 2017, dana yang kami setorkan sudah hampir 50%," cuit dia lewat akun @lalalalucki dilihat detikFinance di twitternya, Jumat (19/1/2018).


Dia kaget, ternyata lokasi apartemen yang dibelinya itu sekarang sudah berubah menjadi proyek rumah DP Rp 0. Dia tidak mempermasalahkan program yang diusung pemprov DKI Jakarta itu, yang dia inginkan hanya kejelasan soal proyek lama.

"Kami hanya uang kami dikembalikan. Alangkah baiknya sebelum mulai proyek baru dan (sudah) bersorak sorai mengenai kesuksesannya, masalah-masalah lama dibereskan dulu," katanya.


Lantas, apakah memang lahan proyek hunian DP Rp 0 yang diberi nama Klapa Village itu berada di atas lahan bekas proyek mangkrak? Apa Saja yang fasilitas hingga aturan yang berlaku untuk rumah DP Rp 0? Simak penjelasannya berikut ini: (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed