Follow detikFinance
Minggu 21 Jan 2018, 11:43 WIB

Diresmikan Jokowi, 2 Ruas Tol Bakauheni Digratiskan

Trio Hamdani - detikFinance
Diresmikan Jokowi, 2 Ruas Tol Bakauheni Digratiskan Foto: Trio Hamdani/detikFinance
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi telah membuka Tol Trans-Sumatera Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar Segmen Pelabuhan Bakauheni - Simpang Susun Bakauheni dan Segmen Simpang Susun Lematang - Simpang Susun Kotabaru.

Jokowi memastikan bahwa tarif tol tersebut untuk sementara digratiskan, alias pengguna tol tidak akan dikenakan biaya sepeserpun.

Mulanya, Jokowi menanyakan terlebih dahulu apakah pihak pengelola tol berani menggratiskan tarif untuk sementara. Selaku pengelola adalah Hutama Karya. Direktur Utama Hutama Karya, I Gusti Ngurah Putra sendiri hadir mendampingi Jokowi.


"Tanya pemilik aja lah (pengelola tol). Kalau berani gratisin dulu silahkan, baik lah untuk masyarakat untuk coba enaknya tol itu kayak apa. Sopir juga bisa rasakan kecepatan di tol seperti apa. Nanti pemilik yang putuskan," kata Jokowi usai acara peresmian, Lampung, Minggu (21/1/2018).

Tak lama berselang, Jokowi diinformasikan bahwa Hutama Karya siap menggratiskan tol tersebut yang baru saja diresmikan. Pemberlakuan tol secara gratis berlaku hingga Tol Bakauheni-Terbanggi Besar tersambung seutuhnya. Ditargetkan tersambung pada Juni.

"Pemiliknya udah bisik-bisik dibebaskan sampai nyambung, biar bisa dipakai dulu lah untuk ujicoba," tambahnya.


Tol Trans-Sumatera Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar secara keseluruhan ditargetkan beroperasi pada Juli 2018. Total panjangnya mencapai 140,9 Km. Proyek ini menelan biaya investasi sebesar Rp 16,8 triliun dan

Saat ini progres pengerjaan tanah mencapai 95%, sementara progres fisik menyentuh angka 65,65%. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed