Follow detikFinance
Rabu 14 Feb 2018, 12:18 WIB

Operasional Tol Ngawi-Kertosono Tunggu Uji Laik Fungsi Kelar

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Operasional Tol Ngawi-Kertosono Tunggu Uji Laik Fungsi Kelar Foto: Dok. Jasa Marga
Jakarta - Selain jalan tol Solo-Ngawi, jalan bebas hambatan lainnya yang bakal dioperasikan dalam waktu dekat adalah tol Ngawi-Kertosono seksi 1-3 dari Ngawi hingga Wilangan, Jawa Timur. Dari total 87 kilometer (km) panjang tol keseluruhan, sekitar 49,51 km di antaranya rencananya bakal dioperasikan pada bulan ini.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna mengatakan, saat ini tol Ngawi-Wilangan tinggal menunggu proses uji laik fungsi selesai. Dia bilang, tidak ada isu pembebasan lahan maupun konstruksi perlintasan pada ruas ini seperti yang terjadi di ruas Solo-Ngawi.

"Kalau Ngawi-Kertosono saya rasa nggak ada masalah sama perlintasan. Dia lebih ke finalisasi proses uji laik fungsi," kata Herry saat dihubungi detikFinance, Rabu (14/2/2018).


Jalan tol yang dioperatori oleh PT Ngawi Kertosono Jaya (NSJ) ini sendiri sudah beberapa kali mengalami kemunduran jadwal pengoperasian. Sebelumnya pada tahun lalu, tol ini dijadwalkan beroperasi pada November 2017, namun akhirnya molor dan dijadwalkan beroperasi di bulan Januari 2018.

Molornya jadwal pengoperasian jalan bebas hambatan tersebut disebabkan masih ada paket pekerjaan yang belum terselesaikan karena kendala lahan. Misalnya penyediaan lahan pengganti bagi sejumlah pemilik kios di sekitar wilayah Dumpil Exit yang terkena dampak pembangunan jalan tol.


Ruas tol Ngawi-Kertosono merupakan bagian dari tol Solo-Ngawi-Kertosono yang merupakan bagian dari Tol Trans Jawa yang dijadwalkan tuntas tahun ini. Tol ini dibangun oleh PT Ngawi Kertosono Jaya, anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

Tersambungnya Ngawi dan Kertosono oleh jalan tol diharapkan membawa peranan penting dalam peningkatan tingkat efisiensi biaya distribusi barang dan jasa serta berdampak pada peningkatan perekonomian di Indonesia khususnya di koridor jalan tol dan Pulau Jawa. (eds/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed