Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 22 Feb 2018 15:48 WIB

Bangun Bandara di Atas Laut, Butuh Dana Berapa?

Selfie Miftahul Jannah - detikFinance
Ilustrasi Bandra. Foto: (Thinkstock) Ilustrasi Bandra. Foto: (Thinkstock)
Jakarta - Bandara Internasional Bali Baru (BIBU) direncanakan bakal dibangun di lokasi lepas pantai karena dirasa tak memungkinkan untuk dibangun di darat. Rencananya pendanaan pembangunan akan menggunakan dana dari perusahaan asal Kanada yang berlaku sebagai investor lewat PT Bandara Internasional Bali Utara (PT BIBU) Panji Sakti.

Projek Strategic Advisor PT BIBU Freddy Numberi menjelaskan, meski pembangunan bandara di atas laut lebih mahal, namun penetapan lokasi diyakini bisa didapat lebih cepat. Jika penetapan lokasi sudah didapat, pengerjaan konstruksi bisa lebih mudah dilakukan.



"Rp 27 triliun akan diluncurkan sekaligus, dari Kementerian sedang melakukan pengkajian proses, mudah-mudahan tidak terlalu lama," katanya dalam Paparan Rencana Pembangunan BIBU, di Hotel Borobudur, Kamis (22/2/2018).

Freddy menjelaskan, pembangunan bandara di lepas pantai juga sudah diaplikasikan di beberapa negara besar seperti Macau. Meski biaya pembangunan di atas laut lebih mahal, namun hal tersebut lebih efektif, karena tidak melibatkan pembebasan lahan.

Pasalnya dengan pembangunan bandara di darat, pihaknya banyak menemukan kendala seperti harus memindahkan 33 pure yang 21 situs, dan harus memindagkan jalan raya, pemukiman dan sampai sawah potensial di Bali.



"Kalau dalam tiga tahun kita bisa bangun bandara di atas laut dan selesai tapi kalau di darat itu halangannya banyak sekali, dan kita tidak bisa memindahkan pure karena menurut masyarakat bali itu tidak boleh," katanya

Sebagai informasi, perusahaan asing dari Kanada menjadi investor utama dari pembangunan Bandara Internasional Bali Utara (BIBU). KINESIS Capital and Investment yang juga menjadi airport konsultan, asal Kanada ini menginvestasikan dana US$ 2 miliar atau sekitar Rp 27 triliun. (eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed