Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 26 Feb 2018 19:38 WIB

Kereta Cepat JKT-BDG Disindir Komikus Jepang, Luhut: Bagus Juga Itu

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: (Usman Hadi/detikTravel) Foto: (Usman Hadi/detikTravel)
Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman menyebutkan, sindiran komikus asal Jepang mengenai pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung bisa dijadikan pemicu percepatan pembangunannya.

"Ya dia minta maaf kan, bangsa ini kan bangsa pemaaf, dan bagus juga itu memacu kita agar speed train Jakarta-Bandung itu bisa selesai," kata Luhut di Kantor Kemenko Kemaritiman, Jakarta, Senin (26/2/2018).



Dia menyebutkan progres pembangunan kereta cepat yang memiliki panjang 142,3 kilometer (km) ini masih memiliki beberapa kendala, mulai dari pembebasan lahan sampai dengan kondisi geofrafisnya.

"Karena lagi kita evaluasi kalau itu akan selesai namun waktunya agak mundur karena banyak masalah-masalah pembebasan tanah, masalah gempa cukup tinggi di sana karena banyak tunnel juga di sana, ada elevated juga banyak. Jadi perhitungan waktunya sedikit mundur," jelas dia.

Diketahui, Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung disindir oleh Komikus Jepang, Onan Hiroshi. Dalam komiknya yang terdiri dari dua halaman itu, dia menyindir bahwa Jepang yang awalnya melakukan kajian justru ditinggalkan oleh pemerintah Indonesia, dan malah lebih memilih China.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com