Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 27 Feb 2018 07:48 WIB

Sindiran Komikus Jepang Soal Kereta Cepat Jokowi, Benar atau Salah?

Danang Sugianto - detikFinance
Halaman 1 dari 5
Foto: Screenshot Twitter
Jakarta - Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung kembali menuai kritik. Setelah disindir sebagai kecebong alias kereta cepat bohong-bohongan, proyek itu kini disindir melalui komik yang dibuat oleh Onan Hiroshi.

Hiroshi menggambar komik sindiran itu dalam 2 halaman. Diceritakan bagaimana awal dari rencana pembangunan kereta cepat tersebut dibangun oleh Jepang. Pihak Jepang sudah melakukan studi terkait rencana pembangunan mega proyek tersebut.

[Gambas:Video 20detik]


Hasil studi Jepang kemudian diserahkan ke Indonesia. Akan tetapi, data tersebut justru diberikan kepada China yang kemudian diberikan wewenang membangun proyek kereta cepat yang menghubungkan Jakarta-Bandung.

Dalam komik tersebut juga digambarkan bahwa pihak China dipilih karena menawarkan proyek dengan nilai yang jauh lebih murah dibandingkan Jepang.

Namun, dua tahun berselang mega proyek ini tak kunjung menunjukan perkembangan yang berarti. Hiroshi menggambarkan Jokowi merayu Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe untuk membantu kelangsungan proyek tersebut lagi.

Akan tetapi, pihak Jepang pun tidak terima dengan permintaan tersebut. Sebab, pemerintah Indonesia sudah terlanjur memilih China sebagai kontraktor proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. Digambarkan pula masyarakat Jepang yang kesal sambil melemparkan batu ke arah Jokowi

Potongan komik itu pun ramai diperbincangkan warganet khususnya dari Indonesia. Tak sedikit dari mereka yang merasa jengkel dengan karya Hiroshi. Berikut berita selengkapnya: (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com