Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 07 Mar 2018 17:47 WIB

Jokowi Pastikan MRT Jakarta Beroperasi Maret 2019

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
FOKUS BERITA MRT Siap Beroperasi
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan pengoperasian MRT Jakarta secara komersial dapat dilakukan pada Maret 2019.

Hal tersebut diungkapkannya usai meninjau langsung proyek pembangunan MRT Jakarta di titik Stasiun Bundara HI dan Stasiun Senayan.

"Sore hari ini saya datang lagi melihat, meninjau pembangunan proyek besar kita yaitu MRT. Saya ingin sebuah kepastian sesuai dengan jadwal, dan dengan waktu ditata di awal. Saya tanya ke dirut bahwa proyek ini akan selesai tepat waktu, yaitu bisa dioperasionalkan secara komersial itu tahun depan di bulan Maret, nggak ada yang mundur," kata Jokowi di Jakarta, Rabu (7/3/2018).



Turut mendampingi Jokowi dalam tinjuan itu adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Menteri Perhubungan Budi Karya, dan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, dan Direktur Utama MRT Jakarta Wiliam Sabandar.

Orang nomor satu di Indonesia ini juga melakukan peninjauan dalam rangka penyelenggaraan Asian Games yang berlangsung pada Agustus 2018.

Jokowi meminta, bahwa seng yang selama ini menutup sepanjang Bundaran HI hingga Senayan harus sudah dicopot, sehingga pada saat Asian Games terlihat lebih bagus lagi.

"Saya datang juga ingin memastikan bahwa nanti yang di atas tanah sudah tidak ada seng yang menutup, jadi semuanya bersih," jelas dia.



Selain itu, Jokowi juga mendapat janji dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bahwa sebelum perayaan Asian Games trotoar di sepanjang Senayan sampai Semanggi memiliki diameter yang lebih lebar dari yang ada saat ini.

"Tadi Pak Gubernur (Anies) bilang trotoar lebar dari Semanggi sampai Senayan Area sudah selesai juga. Ini sudah dimulai juga. Sehingga betul-betul saat menyambut tamu Asian Games sebanyak 30 ribuan atlet dan tamu, Jakarta sudah dalam keadan siap, yang bersih, indah, dan saya harapkan tepat waktu," tutup dia.

Jokowi dan rombongan meninjau langsung lokasi Stasiun Bundaran yang berada di kedalaman sembilan meter dengan lebar 23,3 meter.



Progres pembangunan MRT Jakarta per Februari untuk pembangunan sipil sudah mencapai 91,86%, pembangunan layang 87,99%, bawah tanah 95,76%, dengan rel yang terpasan sudah sepanjang 11.314 meter.

Rolling stock atau kereta MRT Jakarta direncanakan tiba di Jakarta pada 26 Maret 2018 sebanyak dua rangkaian terlebih dahulu. Satu rangkaian terdiri dari enam gerbong dengan kapasitas satu gerbong 200 orang. Produsennya berasal dari Nippon Sharyo. (eds/eds)
FOKUS BERITA MRT Siap Beroperasi
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed