Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 10 Mar 2018 12:44 WIB

Jokowi: Tidak Ada Pengurangan Spesifikasi di Tol Becakayu

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Foto: Dok Foto: Dok
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) ikut bicara soal kabar dikuranginya tiang baja di proyek Tol Becakayu yang membuat bekisting pierhead ambruk. Jokowi menegaskan bahwa tidak ada pengurangan spesifikasi di proyek jalan tol tersebut.

"Tidak ada pengurangan spesifikasi dalam proyek pembangunan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu). Ini perlu saya sampaikan untuk menimpali isu yang berkembang terkait kecelakaan kerja jatuhnya material tol yang mencederai tujuh pekerja beberapa waktu lalu," tulis Jokowi dalam akun Facebook seperti dikutip detikFinance, Jakarta, Sabtu (10/3/2018).


Berkaca pada beberapa kejadian kecelakaan konstruksi, Jokowi juga mengingatkan kepada kontraktor untuk tetap disiplin dalam mengerjakan proyek. Pengawasan selama proses pembangunan juga perlu ditingkatkan agar kejadian serupa tak terulang di kemudian hari.

"saya tetap mengingatkan dua hal penting yang harus diutamakan dalam pelaksanaan proyek pembangunan Tol Becakayu maupun infrastruktur lainnya, yaitu kedisiplinan dan pengawasan. Disiplin dalam bekerja dan ada pengawasan, supervisi yang rutin melihat, mengecek, mengontrol, memonitor," tambah Jokowi.


Jokowi juga memberikan arahan kepada penanggung jawab proyek infrastruktur untuk menempatkan satu orang khusus yang mengawasi keselamatan kerja. Di sisi lain, kehadiran Komite Keselamatan Konstruksi (KKK) juga tetap bekerja untuk mengawasi keselamatan pembangunan infrastruktur yang berlangsung.

"Saya telah menginstruksikan para pemilik proyek maupun pengembang agar secara internal memiliki direktur atau setidaknya level manajer yang khusus mengurusi keselamatan kerja. Kemudian secara eksternal, Komite Keselamatan Konstruksi turut mengawasi," tutup Jokowi. (ara/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed