Follow detikFinance
Rabu, 14 Mar 2018 11:12 WIB

47 Ha Tanah untuk Proyek Bendungan Sindangheula Serang Belum Bebas

Bahtiar Rifa'i - detikFinance
Ilustrasi Bendungan (Foto: Fadhly F Rachman) Ilustrasi Bendungan (Foto: Fadhly F Rachman)
Serang - Bendungan Sindangheula yang merupakan salah satu proyek strategis nasional (PSN) di Banten terkendala pembebasan lahan. Pasalnya, ada sekitar 47 hektar tanah belum dibebaskan.

"Sampai saat ini memang belum semuanya bisa terbebaskan. Tapi untuk sebagain besar tapak bangunan plus borrow area (lahan pinjam pakai) yang tanahnya akan diambil sudah terbebaskan," kata Kepala Satker Non-Vertikal Tertentu Pembangunan Bendungan Media Ramdhan saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Kota Serang, Banten, Rabu (14/3/2017).

Media mengatakan, jumlah 47 hektar yang belum dibebaskan menurutnya adalah angka perkiraan. Karena data pasti ada di Pemprov Banten atau Badan Pertanahan Negeran (BPN). Pekerjaan pembebasan yang sebelumnya di Biro Umum juga beralih tangan ke Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

"Rencananya menurut Pemda tahun ini akan dibebaskan semuanya," paparnya.


Media mengatakan, dari informasi yang didapat, alasan kendala pembebasan oleh Pemprov Banten karena persoalan pemberkasan di BPN. Tanah yang belum bebas tersebar di daerah Pancanagara, Sayar bahkan di Desa Sindangheula.

Menurutnya, jika proses pembebasan lahan ini tak juga selesai sampai tahap penggenangan, Bendungan Sindangheula akan terkendala. Apalagi, jika mengacu pada kontrak, penggenangan akan dilaksanakan pada Desember 2018.

"Saya berharap dipercepat sebelum Desember kalau bisa Oktober," katanya.


Komunikasi dengan Pemprov Banten menurutnya masih terus dilakukan. Apalagi pertanyaan dari pihak balai terkait kapan kendala pembebasan lahan selesai.

Bendungan Sindangheula dapat menampung 10 juta meter kubik air. Bendungan ini dapat mengalir 1.000 hektar irigasi se-Kota Serang dan Kabupaten Serang. Selain itu, bendungan ini juga dapat memenuhi kebutuhan air baku sebesar 0,8 meter kubik per detik. (bri/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed