Follow detikFinance
Sabtu, 17 Mar 2018 11:45 WIB

Jalan Trans Papua Rusak, Menteri PUPR: 4 Bulan Rampung Diperbaiki

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Danang Sugianto Foto: Danang Sugianto
Jakarta - Sepanjang 58 km jalan Trans Papua terpantau kondisinya rusak saat Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menjajal rute Merauke-Boven Digoel. Waktu tempuh yang seharusnya hanya 6 jam untuk menyusur jalan dengan panjang total 424 km itu akhirnya harus ditempuh selama 8 jam lantaran ada jalan yang rusak tadi.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meminta agar ruas jalan yang rusak sepanjang 58 km tadi selesai diperbaiki dalam waktu tiga hingga empat bulan ke depan. Jika tak juga tuntas, Basuki mengancam akan memutus kontrak kontraktor yang menangani ruas tersebut.

"Saya minta agar BBPJN XVIII memacu kontraktor bekerja lebih keras sehingga 3-4 bulan ruas jalan rusak bisa diperbaiki. Harus full speed," katanya di Papua, seperti dikutip dari keterangan resmi, Sabtu (17/3/2018).



Penampakan jalan Trans Papua RusakPenampakan jalan Trans Papua Rusak Foto: Danang Sugianto

Selama perjalanan, sebagian besar kondisi jalan sebenarnya relatif baik dan mobil dapat melaju dengan kecepatan rata-rata 60 km/jam. Namun masih terdapat 58 km jalan dengan kondisi rusak ringan dan sedang, bahkan dijumpai beberapa spot jalan yang masih berlumpur karena merupakan tanah lunak dan daerah rawa.

Kondisi jalan pun perlu segera ditangani. Untuk mempercepat perbaikan, Basuki mengaku akan mengirimkan tim khusus dari Jakarta.

Penampakan jalan Trans Papua RusakPenampakan jalan Trans Papua Rusak Foto: Danang Sugianto

Seperti diketahui, rute Merauke-Boven Digoel merupakan ruas jalan Trans Papua yang beririsan dengan jalan perbatasan Papua. Hingga akhir 2017, dari panjang 1.098 km jalan perbatasan dari Merauke hingga Jayapura, sudah tembus 891 km dan belum tembus 207 km.

Tahun ini sendiri akan dibuka jalan baru sepanjang 18 km di daerah yang terjal sekali, sehingga pada akhir 2018 jalan perbatasan yang belum tembus 189 km.

(eds/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed