Waktu Tempuh Kereta Bandara Soetta Dipercepat Jadi 40 Menit

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Senin, 26 Mar 2018 08:56 WIB
Kereta Bandara Soekarno-Hatta. Foto: Fadhly Fauzi Rachman
Jakarta - PT Railink bakal mempersingkat waktu tempuh Kereta Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) dari Stasiun Sudirman Baru menuju Stasiun Bandara Soetta menjadi sekitar 40 menit. Sebelumnya waktu tempuh kereta bandara tersebut sekitar 55 menit.

Direktur Utama PT Railink Heru Kuswanto mengatakan rencana ini akan dilakukan mulai 1 April 2018. Percepatan ini menjadi salah satu langkah Railink dalam meningkatkan kualitas layanan Kereta Bandara Soetta kepada masyarakat.

"Waktu tempuh sekarang ini masih 55 menit, kita akan bikin jadi 40-an menit. Jadi daya saingnya KA Bandara Soekarno-Hatta 1 April itu akan terus kembangkan," kata Heru saat berkunjung ke markas detikcom, Jakarta, Jumat (23/3/2018) lalu.

Selain mempersingkat waktu tempuh, Heru juga mengatakan pihaknya bakal menambah frekuensi (headway) layanan kereta Bandara Soetta. Pemberhentian Kereta Bandara Soetta nantinya bakal menjadi 30 menit sekali.

"Pada 1 April nanti ada beberapa perbaikan KA Bandara dari sisi more frekuensi tadi. Kalau selama ini kan masih ada yang satu jam, nanti 1 April itu kita pasti sudah 30 menit semua headway-nya," kata Heru.


Heru menjelaskan penambahan frekuensi ini dilakukan agar penumpang mendapatkan layanan yang lebih baik dalam menggunakan kereta bandara. Nantinya, para penumpang tak perlu menunggu jadwal terlalu lama bila menggunakan kereta bandara ini.

"Sehingga kalau ada orang yang ketinggalan, nunggu kereta berikutnya itu nggak terlalu lama," kata Heru.

Dengan adanya penambahan frekuensi ini, Heru memperkirakan jadwal kereta Bandara Soetta bakal menjadi sekitar 80 kali perjalanan setiap harinya. Untuk saat ini, pihak Railink juga sedang menyiapkan jadwal perjalanan baru tersebut.

(fdl/ang)