Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 27 Mar 2018 10:33 WIB

Pembangunan Infrastruktur Diklaim Picu Pusat Ekonomi Baru

Hendra Kusuma - detikFinance
Ilustrasi Foto: Achmad Dwi Arifyadi Ilustrasi Foto: Achmad Dwi Arifyadi
Jakarta - Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengklaim pembangunan infrastruktur banyak yang menciptakan pusat perekonomian baru di suatu wilayah.

Direktur Pengembangan Jaringan Jalan Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Rachman Arif Dienaputra mengatakan ada beberapa daerah yang ekonominya berkembang pesat ketika dibangun infrastruktur seperti jalan.

"Jalan itu bisa juga sebagai pembentuk ruang, dengan adanya jalan maka biasanya akan diikuti dengan munculnya aktivitas lain yang mengikuti," kata Rachman saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Selasa (27/3/2018).


Dia mencontohkan seperti halnya infrastruktur jalan yang mengintegrasikan daerah seperti Depok dan Bekasi dengan DKI Jakarta.

Selain jalan, kata Racman, infrastruktur seperti jembatan juga memberikan kontribusi nyata terhadap sumber ekonomi baru bagi suatu daerah.

"Kalau di luar kota, pembangunan jalan-jalan lintas selalu diikuti munculnya aktivitas baru, pembangunan Jembatan Tayan di Kalimantan diikuti oleh munculnya aktivitas lain seperti pariwisata di kawasan tersebut," jelas dia.


Oleh karena itu, Rachman mengungkapkan gencarnya pembangunan infrastruktur yang dilakukan pemerintah juga untuk mengakomodasi angkutan penumpang dan angkutan barang.

"Prinsipnya kita menyediakan infrastruktur jalan untuk mengakomodir kebutuhan pergerakan orang dan penumpang," tutup dia. (ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com