Follow detikFinance
Senin, 09 Apr 2018 11:29 WIB

Jelang Open Traffic, Begini Kondisi Underpass Mampang Kuningan

Selfie Miftahul Jannah - detikFinance
Foto: Selfie Miftahul Jannah Foto: Selfie Miftahul Jannah
Jakarta - Poyek underpass Mampang Kuningan yang dimulai pengerjaannya pada November 2016, saat ini segala proses pengerjaan sudah selesai 100%.

Project Engineering Manager Proyek Mampang Kuningan PT Adhi Karya Achmad Nuruddin Zain mengatakan, saat ini underpass mampang tengah mempersiapkan open traffic atau operasional pada 11 April mendatang.

Target pengerjaan yang ditargetkan kelar 2 bulan lalu yaitu 7 April kemarin Rudy mengaku sudah selesai digarap kontraktor.

"Sekarang sedang tahap persiapan open traffic. Semha sudah 100% terhadap nilai kontrak, tersisa pekerjaan perapihan saja seperti pengecatan kanstin dan lainnya," kata dia kepada detikFinance, Senin (9/4/2018).

Jelang Open Traffic, Begini Kondisi Underpass Mampang Kuningan Foto: Selfie Miftahul Jannah

Dari pantauan detikFinance, Underpass Mampang Kuningan sudah rapih secara konstruksi, beberapa pekerja tengah merapihkan beberapa sampah bekas karung semen di bagian dalam underpas. Beberapa alat berat seperti eskavator dan truk juga sudah tidak ada di lokasi proyek. Hanya ada beberapa mobil bak terbuka yang hilir mudik membawa sampah besi dan karung semen bekas proyek konstruksi.

Dinding underpass yang dibuat bermotif dan masih berwarna semen alias tidak dicat. Di dalam underpass Mampang terdiri dari dua jalur empat lajur yang masing masing bisa memuat 2 mobil di setiap jalurnya. Baik dari arah Kuningan Rasuna Said ke arah Tendean- Pancoran serta Warung Buncit Ragunan dan jalur sebaliknya.


Beberapa plang penunjuk jalan sudah dipasang rapi, namun masih ada beberapa pengujian lain seperti drainase yang masih diperiksa ulang. Di wilayah konstruksi juga para pekerja tampak santai duduk- duduk beberapa diantaranya melakukan pekerjaan ringan seperti mengecat dan membersihkan sampah di wilayah pembangunan underpass Mampang Kuningan.

"Untuk alat berat kita lakukan penambahan lagi untuk galian di box kuningan, ada tambahan eskavator. Finishingnya pembersihan area dan pengecatan kansteen (berton pembatas jalan). Sesuai press agenda 11 April sudah open traffic," jelas dia.

Video 20Detik: Underpass Mampang-Kuningan Dilihat dari Drone

[Gambas:Video 20detik]


Proyek Underpass Mampang Kuningan yang memulai pengerjaannya pada November 2016 yaitu pada zaman Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaya Purnama baru selesai pada 7 April 2018 yaitu pada masa Gubernur Anies Baswedan.

Total proyek ini memiliki total Rp 183 miliar, dan selesai sampai April 2018. Selain membangun Undepas Mampang Kuningan, terdapat pula skywalk yang menghubungkan halte Kuningan pun masih tampak baru, karena baru diselesaikan pada Januari 2018 lalu setelah dibongkar demi kelancaran pembangunan Underpass Mampang Kuningan.

Ada pula beberapa pekerja yang sedang mengelas beberapa sisi skywalk serta menambal beberapa atap di skywalk kawasan Kuningan yang artinya pengerjaan jembatan ini masih disempurnakan.


Sementara itu selain tidak alat berat, pihaknya juga tetap mempekerjakan 300 orang tenaga kerja harian yang bekerja dalam proyek pengerjaan proyek Underpass Mampang Kuningan .

"Masih seperti kemarin 300 tenaga kerja harian dari biasanya yang 180 dan sekarang sudah 100%," kata dia.

Durasi kerja para pekerja ini terbagi atas dua shift, yang mengerjakan proyek pembangunan selama 24 jam. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed