Follow detikFinance
Minggu, 15 Apr 2018 16:00 WIB

101 Ha Lahan Runway 3 Bandara Soetta Belum Bebas

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Dikhy Sasra Ilustrasi/Foto: Dikhy Sasra
Jakarta - Lahan yang dibebaskan untuk pembangunan landas pacu (runway) ketiga Bandara Soekarna-Hatta sudah mencapai 115 hektar (ha). Padahal, kebutuhan lahan untuk pembangunan runway ketiga ialah 216 ha. Artinya, masih ada sekitar 101 ha lahan untuk runway belum bebas.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II (AP II) Muhammad Awaluddin mengatakan, belum bebasnya lahan karena proses pembayaran yang memakan waktu.

"101 ha, bertahap aja, lagi nunggu tahapan pembayaran saja. Kan prosesnya harus disertifkat BPN, setelah itu pembayaran, sertikat pindah ke kita," kata dia di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Minggu (15/4/2018).



Namun, dia mengatakan, pembebasan lahan untuk runway ketiga tidak ada masalah. Sebab, kata dia, warga maupun pemerintah daerah yang memiliki lahan setuju untuk melepaskan lahannya.

Dia menargetkan, pembebasan lahan rampung Agustus atau September tahun ini. "Sudah (setuju semua), tinggal tahapan saja, kan nggak mungkin segabrek," ungkapnya.

Sejalan dengan pembebasan lahan, dia mengatakan, konstruksi runway akan dilakukan secara paralel. Rencananya, konstruksi dimulai akhir bulan ini.

"Tapi pekerjaan dilakukan paralel, terhadap lahan yang sudah bisa dibangun runway. Kita akan akhir bulan ini, kontraktor PT PP untuk kerjakan ini," tutup dia.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed