Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 15 Apr 2018 17:36 WIB

Ada 2 Jenis Jalan Tol di Mudik Lebaran 2018, Apa Bedanya?

Eko Susanto - detikFinance
Foto: Dok. Kementerian PUPR Foto: Dok. Kementerian PUPR
Semarang - Jalur tol Trans Jawa bakal bisa dilalui secara fungsional dan operasional untuk mudik Lebaran tahun ini. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menjelaskan perbedaan antara tol operasional dan tol fungsional tersebut.

"Kalau tol operasional itu berarti sudah dioperasikan secara penuh, sudah laik fungsi sehingga ada tarifnya. Tapi kalau fungsional, dia (tol) sudah bisa dilewati lebih baik berbadan tol, tapi belum laik fungsi secara utuh, tapi secara teknis bisa dilewati," ujar Basuki di sela-sela melakukan peninjauan jalan tol Pemalang-Semarang, Sabtu (14/4/2018).

Setidaknya akan ada 9 ruas tol baru yang bisa digunakan saat mudik Lebaran nanti. Ruas tol baru tersebut diawali oleh tol Pejagan-Pemalang di Jawa Barat sepanjang 57,5 km hingga ruas Gempol-Pasuruan di Jawa Timur sepanjang 34,15 km.



Dalam mudik Lebaran mendatang, Basuki bilang ada 2 proyek jalan tol yang telah difungsionalkan yakni Pemalang-Semarang dan Salatiga-Solo.

"Saya bilang belum laik fungsi secara operasional, tapi sudah laik untuk digunakan secara lebih baik, dan tidak darurat. Itu antara Pemalang-Semarang dan Salatiga-Solo," tuturnya.

Jalan tol tersebut saat mudik nantinya diharapkan sudah bisa dilalui secara fungsional dari Pemalang-Semarang dan Salatiga-Solo. Namun demikian, pihaknya berharap tidak semua pemudik melalui jalan tol. Untuk itu, bisa memanfaatkan jalan pantura yang telah ada.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed