Sambangi Istana, Menhub Lapor Proses Tender Pelabuhan Patimban

Ray Jordan - detikFinance
Senin, 16 Apr 2018 13:50 WIB
Foto: Andhika Dwi
Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi). Budi melaporkan proses tender proyek Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat, sudah berjalan.

Menurut Budi proses tender diperkirakan selesai akhir April ini.

"Patimban kan sekarang lagi melakukan tender. Kita harapkan satu, dua minggu ini selesai," ujar Budi di Komplek Istana Kepresidenan, Senin (16/4/2018).

Jika proses tender selesai sesuai target tersebut, maka pembangunan Pelabuhan Patimban bisa dimulai. Menurut Budi, jika tender rampung di Mei, maka pembangunan paling lambat bisa dimulai Juni.


Selain itu pembangunan Pelabuhan Patimban tak akan selesai seluruhnya di 2019.

"Kalau misalnya nanti bulan Mei (tender selesai), paling lambat Juni kita sudah mulai bangun. (Selesai) 2019 sebagian, sebagiannya 2020," terang Budi Karya.

Dia menambahkan, ada 3 BUMN konstruksi ikut dalam proses tender Pelabuhan Patimban. Ketiganya adalah PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, PT Adhi Karya (Persero) Tbk, dan PT PP (Persero) Tbk.


Menurut Budi, ketiga BUMN itu bekerja sama dengan perusahaan Jepang, namun dia tak ingat detailnya.

"Yang dari dalamnya ada tiga perusahaan, ada Wika (PT Wijaya Karya), PP (PT PP) sama Adhi (PT Adhi Karya). Mereka join dengan Jepang, ada unsur Jepang," tutur Budi Karya. (jor/hns)