Follow detikFinance
Selasa, 17 Apr 2018 17:37 WIB

Masih Gratis, Tol Batang-Semarang Dipakai Satu Jalur Saat Mudik

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Dok. Jasa Marga Foto: Dok. Jasa Marga
Jakarta - PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) selaku operator jalan tol Batang-Semarang menyatakan telah siap mengoperasikan jalan tol tersebut secara fungsional. Rencananya pembukaan jalan tersebut akan dilakukan ketika mudik Lebaran nanti secara fungsional alias gratis.

Direktur Utama Jasamarga Semarang-Batang Arie Irianto mengatakan, saat ini progres pembangunan konstruksi jalan tol tersebut telah mencapai 75,4%, sedangkan untuk lahannya telah mencapai 98,17%.

"Kalau konstruksi 75,4% minggu lalu ya. Kalau pembebasan tanahnya 98,17 sampai hari ini," katanya di kantor Pusat Jasa Marga, Jakarta Timur, Selasa (17/4/2018).


Lebih lanjut, Arie memaparkan pihaknya optimis jalan tol ini bisa digunakan saat mudik Lebaran nanti. Langkah ini dilakukan dengan menggunakan satu jalur untuk dua lajur atau bolak-balik.

"Artinya untuk Lebaran jalur yang kita fungsionalkan satu jalur, dua lajur. Baliknya di situ lagi jadi bolak-balik," sambungnya.

Arie memaparkan pada dasarnya tol tersebut ditargetkan selesai pada 25 September nanti. Pihaknya tidak melakukan upaya khusus untuk mengoperasikan jalan tol tersebut pada mudik Lebaran nanti.

"Karena memang selesai kita 25 September, lebaran kan Juni ya. Tidak ada upaya khusus, kita upayakan selesai satu jalur saja," jelasnya.


Sementara itu, untuk mendukung pengoperasian saat mudik lebaran nanti pihaknya juga akan menyediakan tempat istirahat yang menyediakan toilet, mushola dan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) portabel.

"Sudah ada rest area tapi sifatnya temporary, mushola, toilet SPBU portabel, bisa digunakan masyarakat yang mudik untuk istirahat. Kita akan kerjasama dengan Pertamina dan bengkel resmi," tutupnya. (ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed