Follow detikFinance
Selasa, 08 Mei 2018 17:44 WIB

Kereta Kencang JKT-SBY Dibangun 2019, JK: Persiapan Sudah Jalan

Rina Atriana, Rina Atriana - detikFinance
Foto: Muhammad Taufiqqurahman/detikcom Foto: Muhammad Taufiqqurahman/detikcom
Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyatakan proyek kereta kencang Jakarta-Surabaya dibangun di 2019 mendatang. Saat ini, pihak Jepang tengah melakukan persiapan dan perencanaan pembangunan proyek tersebut.

"Kira-kira selesai mereka buat pada akhir tahun ini sudah selesai, tapi persiapannya sudah jalan. Karena itu detail ya, berapa jembatan, berapa fly over, itu kan teknis sekali jadi dibutuhkan perencanaan yang baik. Bisa (2019 dibangun)," kata JK Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (8/5/2018).


JK menjelaskan, saat ini sedang dilakukan negosiasi terkait penawaran yang diajukan Jepang. Jepang, dikatakan JK, memberikan pinjaman dengan bunga rendah sekitar 1-2% dengan tenor 40 tahun.

"Pemerintah Jepang memberikan pinjaman dengan dana murah, soft loan, soft loan itu bunganya 1-2%. Jadi panjang 40 tahun, jadi cukup menarik juga dan itu presiden telah menginstruksikan supaya itu dilaksanakan," tutur JK.


Sebelumnya Menko Kemaritiman Luhut Panjaitan berharap pembiayaan kereta kencang Jakarta-Surabaya tak lagi bergantung pada pemerintah sehingga utang pemerintah tidak naik.

"Pendanaan. Jadi kami ingin Jakarta-Surabaya itu pendanaannya itu jangan lagi penuh kepada pemerintah sehingga utang pemerintah tidak naik kita lagi cari format-formatnya," kata Luhut di kantornya, Kementerian Koordinator Kemaritiman, Rabu (14/3). (ara/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed