Follow detikFinance
Kamis, 10 Mei 2018 21:24 WIB

Mudik Lewat Tol Tahun Ini, Menteri PUPR: InsyaAllah Tak Berdebu

Yanu Arifin - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Dalam menunjang persiapan mudik tahun ini, pemerintah menyediakan sejumlah ruas jalan tol berstatus fungsional yang dapat digunakan. Jalan tol fungsional itu tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan ada sekitar 200 kilometer (km) jalan tol dengan status fungsional untuk mudik tahun ini. Dia memastikan jalan tol fungsional tersebut sudah layak untuk dilewati kendaraan para pemudik.

"Fungsional artinya bukan darurat, tapi sudah lebih baik dari tahun lalu. Jadi insyaAllah tidak berdebu lagi, yang beton sudah beton, yang fleksibel sudah diaspal, jadi mudah-mudahan prasarana sudah lebih baik," kata Basuki usai melakukan inspeksi di GBK Senayan, Jakarta, Kamis (10/5/2018).


Basuki mengatakan jalan tol fungsional itu berada di sejumlah daerah, mulai dari Pulau Jawa hingga Sumatera. Dia bilang bahwa seluruh jalan tersebut telah layak dilalui untuk mudik.

Selain jalan tol, Basuki juga mengatakan pemudik dapat menggunakan jalan nasional untuk pulang kampung. Kondisi dari jalan nasional tersebut juga dinilai layak untuk dilalui.

"Di Pantura ada 1.400 km yang jalan nasional, baik di Pantura, di tengah maupun di selatan, itu kondisinya bagus," jelasnya.


Dalam mengahadapi mudik Lebaran, Basuki mengatakan telah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak. Semua itu dilakukan guna kelancaran arus mudik nanti.

"Persiapan mudik, kami ikuti jadwal Menhub selaku koordinator, dari Medan sampai ke Lampung, dari Merak ke Surabaya, dan dari Sulawesi, Kalimantan, dan Bali," tuturnya.

(fdl/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed