Follow detikFinance
Rabu, 16 Mei 2018 11:05 WIB

Kereta Layang Jakarta Bisa Mulai Konstruksi Akhir 2019

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Jefris Santama Foto: Jefris Santama
FOKUS BERITA Jakarta Loop Line
Jakarta - Proyek kereta layang atau elevated loop line di Jakarta diperkirakan sudah bisa groundbreaking pada akhir 2019 mendatang. Kemudian dilanjutkan dengan tahap pembangunan secara besar-besaran pada 2020.

"Triwulan 4, paling baru groundbreaking di beberapa titik. Tapi untuk full speednya di tahun 2020," kata Direktur Operasi II PT Adhi Karya (Persero) Tbk Pundjung Setya Brata kepada detikFinance, Jakarta, Rabu (16/5/2018).

Adhi Karya sendiri adalah bagian dari konsorsium yang terdiri dari 3 badan usaha yang menginisiasi dibangunnya proyek tersebut. Konsorsium terdiri dari Adhi Karya, Wijaya Karya, dan Jaya Konstruksi.

Pundjung mengatakan, sebelum akhirnya bisa masuk tahap konstruksi, ada beberapa hal yang mesti dilakukan, yakni terkait dengan pengerjaan jaringan konstruksi, dan desain.

"Kalau jaringan network terkait dengan konstruksi di antaranya adalah identifikasi underground utility. Underground utility adalah instalasi bawah tanah yang akan berbenturan dengan konstruksi. Itu harus kita data dulu semuanya," jelasnya.



Untuk bagian desain meliput sejumlah pekerjaan, salah satunya pengerjaan detail topografi.

"Kemudian detail topografi survei, sehingga setelah itu kita akan melakukan finalisasi detail engineering design-nya, baru setelah itu akan terjadi konstruksinya," tambahnya.

Sebelumnya, dia memperkirakan waktu konstruksi kurang lebih 4 tahun, dengan menimbang panjang lintasan kereta yang bakal dibangun, kira-kira mencapai 26 kilometer (km).

"Kalau 26 km, 4 tahun konstruksi. Feasibility study (fs/studi kelayakan) sekitar 1 tahun. Total 5 tahun," katanya.



Ini ada video tentang "MRT Jakarta Timur-Barat Belum Tentu Dibangun 2019" (eds/eds)
FOKUS BERITA Jakarta Loop Line
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed