Follow detikFinance
Kamis, 24 Mei 2018 15:53 WIB

Tol Terusan Brexit Sediakan 2 Tempat Istirahat Buat Mudik

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Trio Hamdani Foto: Trio Hamdani
Jakarta - Ruas tol Pejagan-Pemalang seksi III dan IV yang menyambungkan Brebes Timur ke Sewaka sepanjang 37 km bakal dilengkapi dua rest area, masing-masing tipe A dan tipe B. Keduanya siap digunakan secara fungsional oleh pemudik.

Masing-masing rest area ini akan dibuka secara fungsional mulai H-10 jelang Idul Fitri. Pantauan detikFinance di lokasi, Kamis (24/5/2018), pembangunan rest area sedang dilaksanakan.

Rest area tipe B Panarukan, yang akan difungsikan adalah mushola dan toilet. Dari sisi infrastruktur jalan pendukung rest area sudah mencapai 96%, dan mushola 98%. Lalu toilet dan food court progresnya baru 67%. Hanya saja untuk food court belum akan difungsikan sebagai fasilitas mudik.

Kemudian rest area tipe A Lebeteng juga akan difungsikan fasilitas mushola dan toilet. Sementara progresnya saat ini, untuk toilet 71%, mushola 84%, dan infrastruktur jalan 92%.

"Rest area tipe A jalur di jalur B, untuk Lebaran sudah disiapkan khusus toilet sama mushola saja," kata Kepala Proyek Tol Pejagan-Pemalang Seksi 3 dan 4, Benni Panjaitan di kantor proyek, Kamis (24/5/2018).



Sebenarnya, di ruas tol ini masih ada rest area lagi, yakni rest area Cacaban. Hanya saja dia belum difungsikan buat pemudik. Hanya disediakan tempat untuk parkir kendaraan saja di sana bagi pemudik yang ingin istirahat sejenak.

"Satu lagi rest area tipe A. Untuk keperluan Lebaran sementara untuk parking bay. Disiapkan parking bay, sudah dicor, sementara pembuatan garis markanya," sebutnya.

Manager Pengendalian dan Pengadaan Lahan PT Waskita Toll Road Wahyu Sukmana di tempat yang sama menambahkan, rest area juga diupayakan tersedia layanan kesehatan dan penyediaan BBM dengan SPBU mobile.

"Nanti di rest area akan disiapkan tidak hanya toilet dan mushola, tapi fasilitas medis kerja sama dengan rumah sakit terdekat. Kemudian ada SPBU (mobile), kita kerja sama dengan Pertamina," tambahnya.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed