Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 30 Mei 2018 08:18 WIB

Bandara Baru Semarang Bisa Dipakai Mudik 2018

Angling Adhitya Purbaya - detikFinance
Foto: Dok. PT Angkasa Pura I Foto: Dok. PT Angkasa Pura I
Semarang - Terminal Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang yang baru akan mulai beroperasi menjelang arus mudik Lebaran tahun ini. Penerbangan perdana akan dilakukan tanggal 6 Juni 2018 mendatang.

Direktur Utama Angkasa Pura I, Faik Fahmi mengatakan, pada tanggal 5 Juni akan dilakukan boyongan dari terminal lama ke terminal baru. Sehingga keesokan harinya operasional sudah menggunakan terminal baru yang luasnya 9 kali lebih besar dari terminal lama.

"Tanggal 5 boyong dari lama ke baru, tanggal 6 operasikan penerbangan perdana," kata Faik di terminal Bandara Ahmad Yani Semarang yang baru, Selasa (29/8/2018) petang.


Penampakan terminal baru Bandara Ahmad Yani Semarang bisa disaksikan dalam video di bawah.

[Gambas:Video 20detik]


Pembangunan bandara baru Ahmad Yani memang belum rampung seluruhnya namun sudah bisa dioperasionalkan dan layak. Proses pembangunannya hingga saat ini sudah 95 persen untuk terminalnya.

"Tanggal 6 belum selesai, tapi sudah jauh lebih baik. Tempat parkir masih dibangun, saat arus mudik lebaran bisa tampung 600 kendaraan. Nanti kalau selesai bisa 2.000 kendaraan," tandasnya.

detikFinance diberi kesempatan melihat persiapan bandara baru tersebut sebelum dibuka. Pada hari Selasa ini terlihat sejumlah pekerja proyek masih sibuk melakukan pembangunan termasuk menggunakan alat berat di luar terminal.

Sedangkan di dalam terminal, finishing di beberapa titik masih dilakukan termasuk pemasangan lift, papan penunjuk, pembersihan karpet, pengecatan, dan sebagainya.


Terminal terdiri dari 3 lantai yaitu lantai dasar untuk check in, lantai atas untuk ruang tunggu, dan lantai mezzanine dan roof garden untuk santai. Nantinya ada sekitar 40 tenant yang dibuka, namun saat dibuka untuk arus mudik belum ada tenant yang dibuka.

Garbarata yang sudah siap baru 1 unit, namun nantinya total akan ada 3 unit yang terpasang. Untuk sementara garbarata diperuntukkan bagi penerbangan internasional.

Faik menjelaskan, dengan dibukanya bandara baru tersebut akan mampu menampung puncak kepadatan penumpang saat mudik yang diperkirakan mencapai 18 ribu orang per hari.

"Desain bandara ini mampu tampung 7 juta penumpang per tahun dan 19 ribu penumpang per hari," pungkasnya.


Tonton video Melihat Proyek Bandara Baru di Kertajati Jawa Barat (alg/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed