Bakal Dipakai Mudik, Begini Kesiapan Rest Area di Tol Pejagan-Pemalang

Selfie Miftahul Jannah - detikFinance
Rabu, 30 Mei 2018 17:22 WIB
Foto: Selfie Miftahul Jannah/detikFinance
Tegal - Demi bertemu orangtua dan sanak saudara, banyak masyarakat di kota besar melakukan perjalanan mudik.

Mudik yang kerap kali indentik dengan perjalanan jauh dan melalahkan jangan sampai terlalu dipaksakan. Karena saat ini pengelola tol dan Pertamina sudah menyediakan rest area yang full service.

Retail Fuel Marketing Rayon 4 Pertamina Karesidenan Pekalongan Fachrizal Immanudin menjelaskan, untuk jalur mudik dari ibu kota ke kawasan Jawa Tengah pihaknya sudah menyediakan 25 kiosk dengan 12 titik dispenser dan 13 titik kiosk kemasan di sepanjang jalur tol.


Bakal Dipakai Mudik, Begini Kesiapan Rest Area di Tol Pejagan-PemalangFoto: Selfie Miftahul Jannah/detikFinance

Yaitu dari tol Pejagan Pemalang, Pemalang-Batang, Batang-Waleri, Batang-Semarang, Batang-Salatiga, Solo-Kertosono.

"Semua ada 25 Kiosk di MOR 4 yang menyediakan Pertamax dan Dex di Jalur Mudik," kata dia di di SPBU kawasan Tegal, Rabu (30/5/2018).

Ia mengatakan setiap SPBU dan Kiosk yang tersedia sudah disiapkan 1.600 liter bensin jenis Pertamax dan Dex dengan tambahan mobil tangki cadangan dengan kapasitas sama yang selalu standby untuk memenuhi kebutuhan pengendara pada masa arus mudik dan balik.

"Kita sediakan Pertamax, Dex, Biosolar nggak Premium karena lebih banyak yang cari Pertamax dibandingkan premium karena dianggap lebih irit dan buat mesin," papar dia.

Bakal Dipakai Mudik, Begini Kesiapan Rest Area di Tol Pejagan-PemalangFoto: Selfie Miftahul Jannah/detikFinance

KiosK Pertamax akan beroperasi mulai H-15 arus mudik Idul Fitir 2018, yang menyediakan BBM jenis Pertamax untuk bahan bakar jenis bensin dan Pertamina Dex untuk bahan bakar diesel.

Penyebaran KiosK Pertamax lebih banyak di Pulau Jawa, sebagai konsentrasi pemudik secara nasional. Adapun jumlahnya dibagi di wilayah Jawa Barat sebanyak 23 titik, Jawa Tengah 21 titik dan Jawa Timur 10 Titik.

Untuk Jawa Barat, KiosK Pertamax tersedia di jalur Tol dan Non Tol, yakni di Bekasi, Karawang, Cikampek, Dawuan, Jalur Non Tol ke arah Tasikmalaya, serta perbatasan Cirebon Brebes.

Bakal Dipakai Mudik, Begini Kesiapan Rest Area di Tol Pejagan-PemalangFoto: Selfie Miftahul Jannah/detikFinance

Sementara di Jawa Tengah KiosK Pertamax berada di Brebes, Tegal. Pemalang. Batang, Kendal, Ungaran, Saliga dan jalur Tol Fungsional Sragen.


Di jawa Timur KiosK Pertamax jumlahnya relatif sedikit, dibandingkan Jawa Barat dan Jawa Tengah, karena jumlah pemudik sudah mulai berkurang. 10 KiosK Pertamax dapat ditemui di Jalur Ngawi, Madiun, Wilangan, Kertosono, Mojokerto, jalur Gempol-Pasuruan.

Dari pantauan detikFinance, yang siang tadi mengunjungi rest area 275 yang ada di Jalur Pejagan-Pemalang sudah tersedia Mobile Dispenser.

Bakal Dipakai Mudik, Begini Kesiapan Rest Area di Tol Pejagan-PemalangFoto: Selfie Miftahul Jannah/detikFinance

Selain itu tersedia pula sekitar 8 warung makan yang menyediakan makanan berat dan ringa, mulai dari soto, bakso sampai bakso tahu. Tempat makan juga dibuat lesehan dan bersih karena terbuat dari tembokan tinggi yang sudah dikeramik.

Tersedia juga mesjid yang luas, toilet, tempat dua ruangan tempat wudhu sampai parkiran yang luas untuk para pemudik beristirahat selama perjalanan ke kampung halaman.



Simak juga video "SPBU Mobile Pertamina Siaga di Jalur Mudik Kotak Masuk x" berikut ini:

[Gambas:Video 20detik]

(dna/dna)