Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 06 Jun 2018 14:31 WIB

Luhut Rapat Soal Transmisi Listrik Proyek LRT dan Kereta Cepat

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Masaul Khoiri Foto: Masaul Khoiri
Jakarta - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman siang ini rapat dengan PT Adhi Karya (Persero) Tbk dan PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC). Rapat digelar untuk membahas interface transmisi atau penyaluran listrik terkait proyek Light Rail Transit (LRT) Jabodebek dan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (JKT-BDG).

Rapat digelar sekitar pukul 11.00 WIB dan berakhir sekitar 12.15 WIB. Berlangsung di Kantor Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman, Jakarta.

"Jadi kan transmisi yang kena LRT, yang kena kereta cepat harus ditinggikan supaya sinkron jadi satu. Intinya jangan sampai dua kali bongkar, dua kali putus listrik, bagaimana caranya cuma sekali saja," kata Direktur Utama KCIC Chandra Dwiputra ditemui usai rapat, Rabu (6/6/2018).

Dia menjelaskan ada tiga titik interface yang transmisinya harus dinaikkan karena terlalu rendah. Hal itu dilakukan untuk kepentingan pembangunan kedua proyek tersebut.

"Di Cikunir, Bekasi Barat, Bekasi Timur, tiga titik yang harus dinaikkan. (Yang dinaikkan) transmisinya, punya PLN, karena terlalu rendah jadi dinaikkan," tambahnya.



Sekedar informasi, proyek pembangunan LRT Jabodebek terus dikebut. Direktur Jenderal Pengadaan Tanah Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) Arie Yuriwin mengatakan, pembebasan lahan proyek LRT Jabodebek sudah mencapai 80%.

"Sudah 80%. Tinggal 2 lokasi yang belum tahapan pengumuman sama pembayaran," kata Ari di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Rabu (23/5/2018).

Beberapa titik yang belum terbebas itu antaranya lahan untuk depo LRT di Bekasi, Jawa Barat yang saat ini juga sudah dilakukan penetapan lokasi.

"Sehingga untuk depo dan trase bisa kita selesaikan kira-kira Agustus Minggu kedua," tutur Ari.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed