Follow detikFinance
Senin, 11 Jun 2018 15:21 WIB

Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Seksi I Dibuka Buat Mudik

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Dok PUPR/Ditjen Bina Marga Foto: Dok PUPR/Ditjen Bina Marga
Jakarta - Guna meningkatkan layanan pengguna jalan pada arus mudik dan balik Lebaran 2018, jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Seksi I, yakni ruas Simpang Susun Tanjung Morawa-Simpang Susun Parbarakan mulai dibuka sebagai jalur fungsional untuk arus mudik dan balik lebaran 2018.

Pembukaan jalur fungsional ini sekaligus sebagai sosialisasi kepada masyarakat sebelum pengoperasian Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Seksi I, yakni ruas SS Tanjung Morawa-SS Parbarakan dan SS Kemiri sebagai bagian dari Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi.

Ruas tol ini akan dioperasikan secara fungsional hingga H+7 Lebaran atau dari 11 Juni hingga 22 Juni 2018. Selama dibuka fungsional itu juga, PT Jasamarga Kualanamu Tol (JMKT) belum memungut tarif tol.

Sedangkan untuk Seksi II-VI yakni ruas Kualanamu-Parbarakan-Sei Rampah tetap diberlakukan tarif normal dan pada periode arus mudik 13 Juni 2018 sampai dengan 15 Juni 2018 & arus balik 18 Juni 2018 sampai dengan 20 Juni 2018 diberlakukan diskon 10% bagi pengguna uang elektronik dengan saldo cukup.


Diketahui, jalan tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Seksi I memiliki panjang total 10,75 km dimana 7,5 Km di antaranya dibangun oleh pemerintah dan 3,25 km dibangun oleh PT JMKT.

Ruas ini menghubungkan Jalan Tol eksisting Belawan-Medan-Tanjung Morawa (Belmera) dengan Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Seksi II-VI, Kualanamu-Sei Rampah yang telah beroperasi.

Jika sudah diresmikan nanti, Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Seksi I-VI akan menjadi akses infrastruktur untuk meningkatkan taraf perekonomian di Pulau Sumatera, khususnya Sumatera Utara.

(fdl/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed