Follow detikFinance
Jumat, 22 Jun 2018 22:35 WIB

Jokowi Targetkan Merak-Banyuwangi Terhubung Tol 2019

Muhajir Arifin - detikFinance
Foto: Muhajir Arifin/detikcom Foto: Muhajir Arifin/detikcom
Pasuruan - Setelah Tol Gempol-Pasuruan Seksi II diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), pemerintah akan mengebut pengerjaan tol Pasuruan-Probolinggo dan selanjutnya Probolinggo-Banyuwangi. Jokowi menargetkan pada akhir 2019 Merak-Banyuwangi akan terhubung jalan tol.

"Merak sampai Pasuruan secara umum sudah bisa dilalui meskipun ada yang masih fungsional, ada konstruksi yang masih dibangun. Tapi saya harapkan akhir tahun ini Merak-Pasuruan sudah rampung," kata Jokowi di sela-sela peresmian Tol Gempol-Pasuruan, Jumat (22/6/2018).


Setelah jalan tol dari Merak-Pasuruan rampung, kata Jokowi, pemerintah akan mengebut pengerjaan tol mulai Pasuruan hingga Banyuwangi. Pada akhir 2019 Pasuruan-Banyuwangi ditargetkan rampung sehingga Merak-Banyuwangi terhubung jalan tol.

"Kemudian dilanjutkan lagi ke Banyuwangi. Kita harapkan 2019 juga Insya Allah selesai, rampung. Merak-Banyuwangi selesai. Ini ada Daendles baru, Menteri PU," terangnya.


Sementara itu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan Tol Gempol-Pasuruan merupakan bagian dari Trans Jawa mulai Merak sampai Banyuwangi. Tol Gempol-Pasuruan memiliki panjang 20,5 kilo meter.

"Tol Trans Jawa mulai dari Merak sampai dengan Kota Pasuruan sepanjang 920 KM. Walaupun (konstruksi) dari Jakarta (Merak) sampai dengan Pasuruan saat ini baru 760 kilo meter, 525 kilo meter sudah operasional dan 235 kilo meter jalan tol fungsional. Rencananya Merak-Pasuruan kita selesaikan dan operasikan pada akhir 2018 nanti," kata Basuki.


Setelah Merak-Banyuwangi rampung, kata Basuki, akan dilanjutkan Tol Pasuruan-Banyuwangi yang ditargetkan selesai pada 2019.

Untuk diketahui pengerjaan Tol Gempol-Pasuruan dibagi 3 Slseksi yakni Seksi I Gempol-Rembang sepanjang 13,90 KM, Seksi II Rembang-Pasuruan sepanjang 6,6 KM dan Seksi III Pasuruan-Grati sepanjang 13,65 KM. Saat ini pengerjaan konstruksi Seksi III terus dikebut.

Selain Tol Gempol-Pasuruan, pemerintah juga tengah mengerjakan Tol Pasuruan-Probolingho. Pembangunan konstruksi tol dari Grati ke Probolinggo ini juga tengah dilakukan. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed