Follow detikFinance
Minggu, 24 Jun 2018 16:36 WIB

Di Spanyol Juga Ada LRT, Apa Bedanya dengan LRT Palembang?

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: mapa-metro Foto: mapa-metro
Jakarta - Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto menyebut pembangunan LRT Palembang kemahalan. Menurut data yang dia miliki seharusnya pembangunan LRT hanya sekitar US$ 8 juta/km.

LRT Palembang yang disindir Prabowo memiliki panjang 23,4 km. Dengan total capex mencapai US$ 872 juta maka biaya per km mencapai US$ 37 juta/km.

Menurut penelusuran detikFinance, tidak ditemukan proyek pembangunan LRT yang nilainya di bawah US$ 10 juta/km. Bahkan jika dibandingkan dengan LRT di Spanyol yang bernama Granada Metro, nilai proyek LRT Palembang tidak jauh berbeda.


Granada Metro dibangun sepanjang 15,9 km dengan total biaya mencapai US$ 584 juta. Jika dihitung maka biaya per km mencapai US$ 36,72 juta/km.

Namun Granada Metro dibangun sepenuhnya di atas tanah. Sementara LRT Palembang dibangun 100% melayang (elevated). Padahal, pembangunan jalur elevated membutuhkan biaya yang lebih besar dibanding di darat.


LRT Granada Metro sendiri dibangun pada 2007. Ditargetkan proyek itu selesai pada 2016 namun molor hingga 2017. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed