Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 14 Jul 2018 09:35 WIB

Ini Biaya Bangun 6 Ruas Tol Dalam Kota

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Pradita Utama Foto: Pradita Utama
Jakarta - Proyek 6 ruas tol dalam kota saat ini telah dimulai untuk rute Pulo Gebang-Kelapa Gading. Proyek ini sempat ditolak oleh Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno saat masa kampanye lalu.

Namun saat ini proyek tersebut terus dilanjutkan dan akan dikawal sampai rampung.

"Jadi kita rampungkan, kita hentikan polemiknya dan kita pastikan tidak menambah kemacetan justru menampung TJ (TransJakarta)" kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (13/7/2018).


Berdasarkan data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Sabtu (14/7/2018), proyek enam ruas tol dalam kota terdiri dari tiga tahap pembangunan. Secara keseluruhan, total panjang enam ruas tol dalam kota adalah 69,7 km dengan nilai investasi Rp 41,17 triliun.

Tol ini dibangun untuk menampung lalu lintas Jakarta di masa mendatang yang diperkirakan terus bertambah. Meski sempat diisukan batal dikerjakan, namun proyek ini terus berjalan dan saat ini sudah masuk tahap konstruksi pada seksi Kelapa Gading-Pulo Gebang sepanjang 9 km.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna mengatakan, keenam ruas tol tersebut seluruhnya akan dibangun melayang (elevated).

"Semuanya dibangun elevated. Ada yang di atas sungai, ada yang di atas jalan kereta, ada yang di atas jalan. Kalau yang di atas sungai, ada yang dari Semanan, dan ada lagi yang banjir kanal barat," kata Herry beberapa waktu lalu.

Dipastikan bakal ada kemacetan yang harus ditanggung lantaran pengerjaannya yang berada di atas ruas jalan eksisting. Untuk itu, pembangunan dilakukan bertahap agar tak mengganggu lalu lintas pengguna jalan.

"Artinya di kota ini kan agak sulit membangun. Kalau di Kelapa Gading saja misalnya, pelebaran kan enggak mungkin di situ, tapi pemanfaatan bahu jalannya ya jadi lajur di situ, sehingga lebih lebar," tambahnya.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed