LRT Jabodebek Ditarget Mulai Uji Coba Pertengahan 2019

Rizki Uti Hulwa - detikFinance
Senin, 16 Jul 2018 20:21 WIB
Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Progres pembangunan proyek light rail transit (LRT) Jabodebek sampai saat ini telah mencapai 41%. Proyek yang dikerjakan mulai tahun 2015 ini ditargetkan rampung pada 2019 mendatang.

Direktur Operasi II Adhi Karya Pundjung Setya Bratha mengatakan proyek ini bisa diuji coba pada medio 2019 mendatang.

"Harapannya di pertengahan 2019 lah kita lakukan tesnya," katanya kepada detikFinance saat dihubungi, Senin (16/7/2018).


LRT Jabodebek sendiri akan dioperatori oleh PT KAI. KAI akan menggunakan kereta dari dalam negeri produksi PT INKA untuk melintas di sepanjang jalur LRT Jabodebek.

Saat ini, pembangunan di tiga lintasan LRT Jabodebek masih terus berlangsung. Yakni lintasan Cibubur-Cawang, Bekasi-Cawang, dan Cawang-Dukuh Atas.

Pekerjaan dengan umur paling muda yang ada di lintasan Cawang-Dukuh Atas menjadi poin kritis yang sedang ditangani untuk pekerjaan selanjutnya.

"Sampai saat ini belum ada deviasi, masih terkontrol. Cuma memang mengalami kendala di beberapa titik di MT Haryono sama Gatsu (Gatot Soebroto) yang masih pembebasan tanah. Sinkronisasi trase di Setiabudi sampai Dukuh Atas yang masih belum selesai sehingga belum bisa kita lakukan konstruksinya," ucap Pundjung.

(eds/eds)