Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 17 Jul 2018 10:00 WIB

Tol Desari Ditarget Tembus Sawangan Akhir Tahun 2018

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Grandyos Zafna/detikcom Grandyos Zafna/detikcom
FOKUS BERITA Tol Desari Siap Dibuka
Jakarta - Pembangunan Tol Depok-Antasari (Desari) seksi 2 Brigif-Sawangan ditargetkan rampung akhir tahun 2018. Asalkan, pembebasan yang dilakukan pemerintah berlangsung cepat.

Project Manager PT Citra Waspphutowa, Dionisius Widiyanto menerangkan, pembangunan Tol Seksi 2 masih menyisakan lahan sepanjang 1 km.

"Kalau 1 km lebih (lahan belum bebas) bulan Agustus ini bebas, bayar-bayar-bayar kita lebih leluasa. Akhir tahun berharap bisa kelar karena hanya konstruksi pelaksanaan bisa lebih cepat karena di atas tanah," kata dia kepada detikFinance di kantornya, Jakarta, Senin (16/7/2018).


Saksikan juga video 'Marak Kapal Karam, Fadli Zon: Pemerintah Cuma Urusi Tol Darat!':

[Gambas:Video 20detik]



Tol Desari sendiri terbagi menjadi 3 seksi, yakni seksi I Antasari-Brigif sepanjang 5,80 km, Seksi 2 Brigif-Sawangan 6,30 km, dan Seksi 3 Sawangan-Bojonggede 9,50 km. Kontruksi Seksi 1 Antasari-Brigif sendiri sudah rampung dan menunggu uji layak fungsi. Tol ini ditargetkan beroperasi Agustus 2018.

Dia mengatakan, untuk Seksi 2 Brigif-Sawangan, pembangunan sudah dilaksanakan sekitar Desember 2017. Dari kebutuhan lahan 6 km, sekitar 4,5 km hingga 5 km sudah dibebaskan. Jadi, masih tersisa lahan sekitar 1 km yang belum dibebaskan.

Dia menuturkan, pekerjaan konstruksi pada Seksi 2 ini berada pada kisaran angka 35%. "Kontruksi sudah jalan 35%-an lebih," ujarnya.


Sementara, untuk Seksi 3 pembebasan lahan masih dalam tahap pemetaan awal, identifikasi pemilik, hingga pemasangan tanda. Secara kesuluruhan, Widiyanto menargetkan Tol Desari seksi 1 hingga 3 beroperasi tahun 2021.

"2021 bisa dioperasionalkan dari ujung selatan sampai Antasari," ujarnya.

Tol Desari Ditarget Tembus Sawangan Akhir Tahun 2018
(dna/dna)
FOKUS BERITA Tol Desari Siap Dibuka
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com