Adhi Karya Bangun Hunian 'Nempel' Stasiun LRT di 7 Lokasi Ini

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Sabtu, 21 Jul 2018 17:02 WIB
Ilustrasi TOD/Foto: Citra Fitri Mardiana/detikFinance
Jakarta - PT Adhi Karya (Persero) Tbk akan membangun tujuh proyek hunian berbasis transit oriented development (TOD) di dekat stasiun LRT Jabodebek. Pembangunan hunian TOD dilakukan melalui anak usaha Adhi Karya, yaitu PT Adhi Commuter Properti (ACP).

Komisaris Utama ACP Pundjung Setya Brata mengatakan tujuh proyek TOD tersebut dibangun dalam waktu lima tahun ke depan. Kebutuhan pembangunannya mencapai Rp 12 triliun.

"Untuk lima tahun ke depan total capex (capital expenditure) Rp 12 triliun," kata Pundjung di Lotte Shopping Avenue, Jakarta Selatan, Sabtu (21/7/2018).


Sementara itu, tujuh proyek yang akan dikembangkan, yaitu Eastern Green, Urban Signature, Gateway Park, Royal Sentul Park, Oase Park, Cisauk Point, MTH 27.

ACP telah menyiapkan capex sebesar Rp 900 miliar untuk akuisisi lahan di sekitar stasiun proyek light rapid transit (LRT).

Pundjung mengatakan saat ini pihaknya telah memiliki lahan seluas 37 hektar. Ke depan, pihaknya akan menargetkan penambahan lahan hingga 200 hektar.


Ia memaparkan, dana tersebut diperoleh dari kas internal Adhi Karya. Sedangkan modal yang dimiliki saat ini sebanyak Rp 1,1 triliun.

"Kita masih punya saldo kas Rp 900 miliar, itu untuk akuisisi tanah. Kalau biaya pengembangan average ke perbankan dan lain-lain," ungkapnya. (ara/fdl)