Follow detikFinance
Selasa, 14 Agu 2018 13:06 WIB

Pelabuhan Patimban akan Tersambung Tol

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Istimewa/Jasa Marga Foto: Istimewa/Jasa Marga
Jakarta - Jalan akses ke Pelabuhan Patimban tahap I segera dibangun. Jalan tersebut menjadi akses perdana menuju pelabuhan peti kemas terbesar kedua di Indonesia tersebut.

Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Sugiyartanto mengatakan setelah jalan akses tahap I ini rampung, pihaknya akan segera melanjutkan pembangunan akses ke Patimban tahap II berupa jalan tol. Jalan tol tersebut diperkirakan panjangnya mencapai 32 km dan akan tersambung langsung dengan tol Cipali.

"Yang keduanya nanti dari tol Cipali langsung nyambung ke Patimban sekitar 30-an km. Tapi pembangunan untuk tol nanti bertahap. Sekarang baru perencanaan awal," katanya saat ditemui di Gedung Bina Marga, Kementerian PUPR, Jakarta, Selasa (14/8/2018).


Sugiyartanto mengatakan pembangunan tol akses ke Patimban akan melihat kebutuhan jaringan menuju Pelabuhan Patimban. Pelabuhan Patimban tahap I berupa car terminal sendiri diproyeksi baru rampung pada 2019.

"Untuk tol yang akses dari Cipali nanti kita lihat dari sisi pemenuhan jalannya. Kalau dia menunjukkan tingkat kepadatan tinggi itu bisa kita percepat. Dilihat dari kebutuhan signifikan untuk realitanya seperti apa," jelas Sugiyartanto.


Sebagai informasi, berdasarkan hasil kesepakatan Rl-Jepang ada beberapa infrastruktur pendukung yang perlu disiapkan sebelum kegiatan kontruksi pelabuhan. Di antaranya, jalan utama dari jalan negara untuk pintu masuk pelabuhan disiapkan pemerintah pusat (Kemen PU). Lalu penyiapan Jalan Tol Subang (Cipali)-Palimanan berdasarkan PP 13 Nomor 2017 Tentang Perubahan PP No. 26 Tahun 2008 tentang RTRWN oleh Kemen PU.


Saksikan juga video ' Konstruksi Pelabuhan Patimban Mulai Dilaksanakan Awal Agustus ':

[Gambas:Video 20detik]

(eds/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed