Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 15 Agu 2018 18:56 WIB

Mulai Besok LRT Palembang Ditutup untuk Umum

Raja Adil Siregar - detikFinance
Foto: Dok. Humas LRT Palembang Foto: Dok. Humas LRT Palembang
Jakarta - Operasional light rail transit (LRT) Palembang dipastikan tutup untuk umum 3 hari ke depan. Hal ini dilakukan karena kereta dikhususkan mengangkut atlet, ofisial, panitia, dan media peliputan Asian Games 2018.

Humas PT KAI Divre III Palembang, Aida mengatakan penutupan untuk umum ini dilakukan tanggal 16-18 Agustus besok. Sedangkan kereta yang beroperasi, Aida menyebut tetap ada 4 trainset dan satu trainset cadangan.

"Besok LRT ditutup untuk umum sampai 3 hari ke depan. Penutupan ini dilakukan karena kami memprioritaskan para atlet, ofisial dan tamu-tamu Asian Games dari bandara. Nantinya 4 trainset beroperasi hilir mudik dan satu cadangan" kata Aida kepada detikFinance, Rabu (15/8/2018).

Selanjutnya, dari tanggal 19 Agustus - 2 September atau selamma pelaksanaan Asian Games kereta kembali beroperasi untuk umum. Namun dalam operasinya KAI selaku operator akan memberikan batasan penumpang dan digratiskan.

"Dari 19 Agustus 2018 sampai dengan 2 September pengoperasian kereta tetap mengutamakan pelayanan tamu Asian Games. Masyarakat umum nanti dapat menggunakan kereta LRT sesuai dengan tarif atau gratis," sambung Aida.

Adapun pembatasan penumpang, yakni dari Stasiun Bandara menuju ke Stasiun DJKA sebagai berikut:
- Stasiun Bandara: 100 orang
- Stasiun Bumi Sriwijaya: 100 orang
- Stasiun Cinde: 60 orang
- Stasiun Ampera: 70 orang

Selanjutnya pembatasan penumpang relasi keberangkatan di Stasiun DJKA menuju ke Stasiun Bandara sebagai berikut:
- Stasiun DJKA: 80 orang
- Stasiun Jakabaring: 80 orang
- Stasiun Ampera: 50 orang
- Stasiun Cinde: 50 orang
- Stasiun Bumi Sriwijaya: 70 orang


Pada operasional kali ini, Aida menyebut ada 38 perjalanan setiap harinya. Untuk mendukung kelancaran operasional LRT, di setiap stasiun telah disediakan Posko terpadu gabungan dari PT KAI, PPK LRT, Waskita, PT Inka, PT Len, DISHUB, Polri, TNI dan Tim gabungan INASGOC.

"Ini untuk mempermudah koordinasi dan perbaikan apabila terjadi kendala teknis selama pengoperasian. Berbagai upaya terus dilakukan demi kelancaran kereta LRT dan memprioritaskan keselamatan penumpang," kata Aida.

Sementara PPK LRT, Suranto menyebut meskipun ada pemberlakuan tarif gratis pihaknya tetap memprioritaskan kereta untuk Asian Games. Hal ini tentu untuk mensukseskan penyelenggaraan Asian Games di Kota Pempek.

"Dari tanggal 19 Agustus sampai tanggal 2 September itu memang tiketnya gratis dan sifatnya terbatas. Tetapi tetap akan diprioritaskan untuk Asian Games," kata Suranto.


Saksikan juga video ' Kereta LRT Palembang Mogok Lagi, Penumpang Panik ':

[Gambas:Video 20detik]

(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed