Follow detikFinance
Jumat, 17 Agu 2018 20:42 WIB

Adhi Karya Bidik Konsesi Jalan Tol Yogya-Solo

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Dok Foto: Dok
Balikpapan - PT Adhi Karya (Persero) Tbk tengah membidik investasi pada sejumlah ruas tol yang disiapkan pemerintah. Direktur Keuangan Adhi Karya Entus Asnawi mengatakan ruas-ruas tersebut di antaranya tol Yogyakarta-Solo yang sedang dipersiapkan pemerintah untuk dibuka lelangnya.

"Ada beberapa investasi yang akan kita masuk di jalan tol, juga ada beberapa investasi di properti TOD (transit oriented development). Jalan tol itu seperti Solo-Kulonprogo (Yogyakarta), kemudian kita juga ikut proses di Semarang-Demak," katanya saat ditemui di Balikpapan, Jumat (17/8/2018).

Tol Yogyakarta-Solo sendiri merupakan proyek unsolicited atau prakarsa dari badan usaha. Tol ini akan menjadi jalan bebas hambatan pertama yang melintas di Yogyakarta.


Entus mengatakan pihaknya akan masuk sebagai investor pada proyek ini, namun hanya akan mengambil porsi minoritas seperti model investasi Adhi sebelum-sebelumnya.

Selain tol di Pulau Jawa, Adhi juga masuk sebagai investor bersama dengan Hutama Karya pada beberapa ruas di tol Trans Sumatera. Di antaranya adalah tol Bakauheni-Terbanggi Besar dan Sigli-Banda Aceh.

Adhi sendiri akan menyiapkan belanja modal sebesar Rp 5 hingga 6 triliun untuk tahun 2019. Belanja modal tersebut akan digunakan sebagian besar untuk investasi pada sejumlah proyek yang dibidik dan akan dibangun.


Saksikan juga video ' Adhi Karya: Moratorium Proyek Konstruksi Layang Jadi Evaluasi Diri ':

[Gambas:Video 20detik]

(eds/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed