Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 28 Agu 2018 15:55 WIB

Jasa Marga Gandeng Swasta Bidik Konsesi Tol Patimban

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Kartika Sari Tarigan/detikcom Foto: Kartika Sari Tarigan/detikcom
Jakarta - PT Surya Semesta Internusa Tbk (SSIA) tengah mengincar untuk masuk dalam proyek pembangunan tol akses Patimban-Cipali. Untuk merealisasikannya perusahaan akan membentuk konsorsium dengan PT Jasa Marga Tbk (JSMR).

Head of investor Relation SSIA Erlin Budiman mengatakan, dalam pembentukan konsorsium itu pihaknya hanya akan mengambil porsi minoritas. Diperkirakan nilai investasi dari tol yang memiliki panjang sekitar 38-50 km itu sekitar Rp 5 triliun.

"Konsorsium berapa persen tidak bisa di-disclose. Karena memang yang sekarang ada terdaftar di BPJT adalah hanya konsorsium itu terdiri dari Jasa Marga dan SSIA. Tapi yamg pasti SSIA akan jadi minoritas. Mayoritas Jasa Marga," terangnya di Gegung BEI, Jakarta, Selasa (28/8/2018).

SSIA dan Jasa Marga sendiri telah mendapatkan surat sebagi restu pembentukan konsorsium dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Mereka kini tengah menunggu untuk ikut dalam proses tender konsesi jalan tol Cipali-Patimban.

SSIA sendiri ingin turut serta dalam tol yang menghubungkan tol Cipali dengan Pelabuhan Patimban itu guna mendukung pengembangan kawasan industri di Subang, Jawa Barat yang dikembangkan perusahaan. SSIA sendiri sudah membebaskan lahan di kawasan itu sekitar 1.000 ha, perusahaan memperoleh izin prinsip untuk mengembangkan kawasan itu sekitar 2.000 ha.

"Kami sudah mengumpulkan 1.000 ha lahan di Subang. Masih sama targetnya, seperti awal tahun kami mau tambah 260 ha tahun ini," tambahnya.




Saksikan juga video 'Investasi Sekuritas Aset Jalan Tol Jagorawi':

[Gambas:Video 20detik] (das/eds)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed