Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 10 Sep 2018 15:45 WIB

Jalur Kereta ke Bandara Kulon Progo Tak Dibangun Melayang

Edzan Raharjo - detikFinance
okasi Bandara Kulon Progo Foto: Ristu Hanafi okasi Bandara Kulon Progo Foto: Ristu Hanafi
Yogyakarta - Jalur kereta api ke bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulon Progo akan dibuat jalur landed (menapak tanah). Jalur kereta api ini nantinya juga akan terhubung dengan kereta api di bandara Adisumarmo Solo.

Dirut PT KAI, Edi Sukmoro mengatakan untuk penyediaan kereta api pihaknya mengaku tidak ada masalah.

Namun untuk jalurnya memang harus tepat waktu sehingga saat bandara sudah beroperasi maka kereta api juga bisa beroperasi.



Jalur kereta api dibuat dari stasiun Kedundang Kulon Progo langsung menuju ke terminal bandara. Jalur dari Kedundang ke Bandara tersebut jaraknya dipastikan tidak jauh.

Jalur tersebut disediakan oleh pemerintah sementara PT KAI menyiapkan kereta api dan operasionalnya.

"Itu landed saja di bawah, di tanah. Persoalannya memang lahan, kalau lahan siap sebenarnya nggak lama ya, karena itu kan landed bukan elevated ya, jadi tanah diolah cepat, nggak kurang dari setahun selesai," kata Edi Sukmoro pada silaturahmi dengan Sri Sultan HB X dalam rangkaian HUT KAI ke 73 di Bangsal Kepatihan Kantor Gubernur DIY, Senin (10/9/2018).

Untuk target kapan dibangun, Edi Sukmoro berharap bisa bersamaan dengan bandara sehingga bisa beroperasi bersamaan.

Kereta Api bandara di Kulon Progo ini akan dipikirkan untuk terhubung dengan kereta api di bandara Adisumarmo Solo sehingga ada konektivitas antar bandara.

"Kereta sudah siap, tapi jalurnya dimungkinkan tahun depan, karena ini sedang penyelesaian tanah," kata Edi.


Pada kesempatan yang sama, Gubernur DIY Sri Sultan HB X mengatakan bahwa selama ini untuk pembangunan jalur kereta api bandara NYIA tinggal menunggu keputusan apakah dibangun di bawah (landed) atau lewat atas (elevated).

Jika dibangun di bawah memang akan ada pembebasan tanah, sementara jika dibangun melayang hanya membebaskan lahan yang terkena tiang.

"Lahan ada yang milik Angkasa Pura ada yang memang harus dibeli. Tapi kan beda, kalau lewat bawah maka total, kalau lewat atas kan hanya bagian-bagian tertentu saja (yang dibebaskan)," kata Sri Sultan HB X.



Saksikan juga video 'Pembebasan Lahan untuk Bandara Kulon Progo, Belasan Rumah Dirobohkan':

[Gambas:Video 20detik]

(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed