Follow detikFinance
Selasa, 11 Sep 2018 12:25 WIB

Jembatan Kebanggaan Jokowi di Papua Jadi Sarana Pendukung PON 2020

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Dok. Ditjen Bina Marga Foto: Dok. Ditjen Bina Marga
Jayapura -

Pembangunan Jembatan Holtekamp masih terus dilakukan. Jembatan sepanjang 732 meter ini ditargetkan beroperasi penuh pada Mei 2019 mendatang.

Nantinya, jembatan kebanggaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini juga akan dimanfaatkan sebagai sarana pendukung Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020. Hal ini seiringan dengan terpilihnya Provinsi Papua sebagai tuan rumah PON 2020.

Papua terpilih mengalahkan lima provinsi lain yang juga menjadi kandidat penyelenggaraan tuan rumah pesta olahraga terbesar di Indonesia itu. Lima provinsi tersebut adalah Aceh, Bali, Sumatera Utara, Jawa Tengah dan Sulawesi Selatan.

Selain itu, bila Jembatan Holtekamp terhubung, maka bisa membantu perpindahan penduduk dari kota menuju wilayah perbatasan.


"Jembatan ini sangat membantu sekali masyarakat untuk perpindahan penduduk dari Kota Jayapura menuju Skouw. Jadi itu sangat signifikan," kata Kepala Pelaksana Proyek Jembatan Holtekamp Sunardi kepada detikFinance, Jumat (7/9/2018).

Dia memperkirakan, dengan melewati Jembatan Holtekamp maka waktu perjalanan dari kota ke perbatasan yang ada di wilayah Skouw akan sangat terpangkas. Akan jadi lebih cepat nantinya bila melewati jembatan ini.

"Jarak tempuh ke Skouw. Itu bisa memotong waktu kira-kira dua jam. Dari 2,5-3 jam jadi setengah jam," kata dia.

Jembatan Holtekamp sendiri dibangun sejak tanggal 9 Mei 2015 lalu. Peletakan batu pertama jembatan dengan panjang 733 meter tersebut dilakukan langsung oleh Presiden Jokowi saat itu. Saat ini, progres Jembatan Holtekamp telah mencapai 99,7%.

(fdl/hek)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed