Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 19 Sep 2018 16:53 WIB

Ceko Tertarik Garap Proyek Kereta Bandara Kulon Progo

Edzan Raharjo - detikFinance
Foto: Edzan Raharjo/detikcom Foto: Edzan Raharjo/detikcom
Yogyakarta - Republik Ceko tertarik investasi dalam pengembangan transportasi bandara di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Salah satunya proyek kereta menuju bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulon Progo.

Wakil ketua umum bidang transportasi Kadin DIY, Ony Febri Hananto, mengatakan untuk menunjang fasilitas bandara maka salah satu hal yang harus disiapkan adalah transportasi kereta. Ceko tertarik kerja sama dengan DIY baik berupa investasi infrastruktur rel kereta maupun bangunan yang mendukungnya.


"Republik Ceko ingin investasi di DIY, selain kereta api juga ada beberapa hal tentang sistem manajemen traffic, jalan, bangunan, rumah sakit, stasiun kereta api, airport. Delegasi dari Ceko yang datang ke Yogya dari KADIN Ceko, Dubes, Presiden Parlemen,"kata Ony Febri Hananto di komplek kantor Gubernur DIY, Rabu (19/8/2018).

Vice President Czech Chamber of Commerce (KADIN Ceko), Michal Stefl mengungkap keinginan ikut ambil bagian dalam proyek besar di Yogyakarta. Kadin Ceko telah mengutarakan pada Gubernur DIY Sri Sultan HB X terkait pengembangan transportasi menuju bandara di Kulon Progo.


"Hal yang menarik, karena walaupun Republik Ceko termasuk daerah Eropa Timur tetapi kita bersaing dalam soal harga, harga lebih murah dibanding Eropa Barat,"kata Michal Stefl di kantor Gubernur DIY.

Pada kesempatan yang sama, Ketua KADIN DIY, GKR Mangkubumi mengatakan bawah semuanya masih dalam tahap pendalaman, tetapi prioritas utama adalah terkait infrastruktur kereta api bandara, pelabuhan dan rumah sakit. Apa yang menjadi kelebihan dari Republik Ceko diharapkan bisa mendukung seperti untuk kereta api, rumah sakit untuk bisa berkolaborasi.


"Untuk kereta karena mereka punya pabrik kereta api yang bagus, nanti bisa dikerjasamakan dengan KAI. Tahun depan mereka akan kesini lagi,"kata GKR Mangkubumi. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed