Seksi 1 Sudah Rampung, Berapa Biaya Bangun Tol Desari?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Senin, 24 Sep 2018 15:58 WIB
Foto: Tim Infografis - Andhika Akbarayansyah
Jakarta - Tol Depok-Antasari (Desari) Seksi I menghubungkan Antasari-Brigif sudah rampung. Tol sepanjang 5,8 km ini siap untuk diresmikan. Lantas, berapa biaya membangun tol tersebut?

Direktur Utama PT Citra Waspphutowa Djoko Sapto mengatakan, total investasi untuk membangun tol ini sekitar Rp 3 triliun.

"Kalau yang ini (Seksi I) Rp 3 triliun, total investasi ya. Konstruksi sendiri Rp 1,2 triliun," kata dia kepada detikFinance di Gerbang Tol Cilandak Jakarta, Senin (23/9/2018).


Meski begitu, dia mengatakan, nilai investasi itu sedang dihitung ulang. Sebab, penyelesaian tol ini mundur dari target

Selain itu, dalam pembangunan juga menemui sejumlah tantangan sehingga menimbulkan penambahan nilai investasi. Dia menyebut, tambahan investasi karena masalah utilitas seperti pipa dan jaringan listrik.

Lanjutnya, penambahan nilai investasi ini juga nanti berpengaruh pada hitungan tarif tol.

"Sekarang lagi berhitung lagi, terkait penetapan tarif dihitung lagi karena ada waktu yang bergeser. Dulunya selesai 2014 sekarang 2018. Ternyata dalam proses pelaksanaan banyak hal-hal yang perlu ditambah misal utilitas dulu nggak ada, sekarang ketemu ada pipa PAM, ada listrik yang mau nggak mau diakomodir di investasi," jelasnya.


Sebagai tambahan, Tol Desari terdiri dari 3 seksi. Seksi I menghubungkan Antasari-Brigif sepanjang 5,8 km telah rampung. Seksi II Brigif-Sawangan sepanjang 6,30 km dalam proses konstruksi. Sementara, Seksi III Sawangan-Bojonggede sepanjang 9,50 km dalam proses pembebasan lahan. (dna/dna)