Follow detikFinance
Kamis, 27 Sep 2018 16:52 WIB

Tekan Sirine Bareng Anies, Jokowi Resmikan Tol Desari Seksi I

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
FOKUS BERITA Tol Desari Siap Dibuka
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Tol Depok-Antasari Seksi I hari ini. Tol ini memiliki panjang 5,8 km dan menghubungkan Antasari-Brigif.

Berdasarkan pantauan detikFinance, Jokowi tiba di lokasi peresmian sekitar pukul 16.15 WIB. Lokasi peresmian ialah Gerbang Tol Cilandak Utama yang berdekatan dengan Simpang Susun Antasari.

Jokowi mengenakan kemeja warna putih. Kemudian menggunakan helm proyek warna putih.

Peresmian ini ditandai dengan penekanan sirine dan penandatangan prasasti. Jokowi menekan sirine berbarengan dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Direktur PT Citra Marga Nushapala Persada Tbk Tito Sulistio.

"Dengan mengucapkan bismilahirrahmanirrohim saya resmikan seksi I jalan Tol Antasari Depok," ujar Jokowi, di lokasi peresmian, Kamis (27/9/2018).

Jokowi Resmikan Tol Desari Seksi IJokowi Resmikan Tol Desari Seksi I Foto: Grandyos Zafna

Jokowi Resmikan Tol Desari Seksi IJokowi Resmikan Tol Desari Seksi I Foto: Grandyos Zafna


Beberapa menteri Kabinet Kerja lainnya juga ikut hadir, di antaranya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro.

Untuk diketahui, pembangunan Tol Desari membutuhkan waktu yang lama. Sebab, perjanjian pengusahaan jalan tol (PPJT) telah ditandatangani sejak tahun 2006. Kemudian kontrak PPJT diamandemen pada 2011 karena adanya perubahan biaya investasi.

Lamanya pembangunan tol tak lain disebabkan lamanya proses pembebasan lahan. Sementara, harga lahan semakin lama semakin menanjak.

Lebih lanjut, adanya tol ini diharapkan memberikan manfaat bagi masyarakat. Lantaran, dengan tol ini waktu tempuh kendaraan antara Antasari-Brigif dan sebaliknya bisa ditempuh dalam waktu 5-10 menit. Pembangunan tol juga memicu perekonomian di sekitar kawasan tol.

Sebagai tambahan, Tol Desari terbagi dalam 3 seksi. Seksi I Antasari-Brigif membentang 5,80 km, Seksi II Brigif-Sawangan 6,30 km, dan Seksi III Sawangan-Bojonggede 9,50 km.

Jokowi Resmikan Tol Desari seksi IJokowi Resmikan Tol Desari seksi I Foto: Lamhot Aritonang
(eds/eds)
FOKUS BERITA Tol Desari Siap Dibuka
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed