Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 28 Sep 2018 13:01 WIB

Pengumuman! Jakarta-Garut bakal Langsung Tersambung Kereta

Selfie Miftahul Jannah - detikFinance
Foto: Wisma Putra/detikcom Foto: Wisma Putra/detikcom
Jakarta - Reaktivasi jalur kereta Cibatu-Garut jadi salah satu proyek prioritas PT KAI. Jika selesai, maka kereta akan tersambung dari Jakarta hingga ke Garut.

Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Agus Komarudin menjelaskan, rencana reaktivasi Cibatu-Garut ini merupakan salah satu proyek yang digarap oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Kementerian Perhubungan dan PT KAI untuk mengaktifkan 4 jalur kereta api peninggalan Belanda.

"Memang semua prioritas yang 4 jalur itu tapi untuk yang Cibatu Garut itu kan yang paling pendek, sudah dilakukan sosialisasi juga pada masyarakat," katanya kepada detikFinance, Jumat (28/9/2018).



Dari panjang rute reaktivasi jalur KA, jalur Cibatu-Garut memiliki rute terpendek yaitu hanya 19, 3 km, sementara Garut-Cikajang 28,2 km.

Secara total rute Cibatu-Garut-Cikajang memiliki total lintasan sepanjang 47, 5 km. Jika jalur Cibatu-Garut bisa terhubung maka jalur Jakarta-Garut bisa pun ikut terkoneksi.

"Karena kalau Bandung, Cibatu, Tasikmalaya sudah ada kan. Nah kalau ada Cibatu-Garut ini rel nya nggak aktif. Ini tinggal diaktifkan. Nanti orang Garut bisa langsung ke Jakarta lewat jalur ini begitupun sebaliknya," ujarnya.

Agus mengatakan, pembangunan tersebut memang dilakukan dalam dua tahap. Proses reaktivasi jalur Cibatu-Garut dan Garut-Cikajang.


Mulai Desember 2018, PT KAI akan segera melakukan penertiban bangunan di kawasan jalur kereta api di Kabupaten Garut. Proyek Garut-Cikajang nantinya akan diaktifkan seiring reaktivasi Cibatu-Garut yang ditargetkan di awal tahun 2019.

"Targetnya kan pemerintah mau 2019 kan jadi sosialisasi sekarang sudah, ya tahap berikutnya (penertiban) akan dilakukan di akhir 2018," jelasnya.

Seperti diketahui, empat jalur kereta api di Jawa Barat akan direaktivasi. Jalur-jalur itu adalah Banjar-Cijulang-Pangandaran-Parigi, Cibatu-Garut-Cikajang, Cikudapateuh-Banjaran-Ciwidey, dan Rancaekek-Tanjungsari. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed