Follow detikFinance
Senin, 01 Okt 2018 17:05 WIB

Runway Bandara Kertajati Ditambah Jadi 3.000 Meter, Kelar Desember

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Achmad Dwi Afriyadi Foto: Achmad Dwi Afriyadi
Jakarta - Landasan pacu (runway) Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat akan diperpanjang. Saat ini panjang runway Bandara Kertajati 2.500 meter.

Rencana menambah panjang runway itu dibahas dalam rapat koordinasi di kantor Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan, dan dihadiri antara lain Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (AP II), Muhammad Awaluddin

"Yang pasti secara fisicly bahwa kewajiban AP II untuk melakukan perpanjangan runway jadi 3.000 meter bisa dilaksanakan dalam waktu dekat," kata Budi Karya di Kantor Kementerian Koordinator Kemaritiman, Jakarta, Senin (1/10/2018).


Dalam rapat hari ini, Budi memastikan perselisihan yang selama ini belum beres (pending matters) antara PT BIJB (Bandara Internasional Jawa Barat) dan AP II sudah diselesaikan.

"Tadi sudah ada satu settlement yang baik dengan beberapa catatan yang harus dilaksanakan kedua belah pihak," sebutnya.

Settlement yang dimaksud, yakni akan ada cara-cara tertentu penggunaan lahan untuk perpanjangan runway 3.000 meter.

"Dengan suatu cara penggunaan tanah tertentu, saya pikir itu solusi yang baik dan bisa membuat Kertajati bisa digunakan dengan pesawat apapun termasuk triple seven (Boeing 777)," tambahnya.


Ridwan Kamil menambahkan PT BIJB sudah mencapai kesepakatan dengan AP II.

"Hari ini membahas Bandara Kertajati yang bangunannya sudah diresmikan tapi belum maksimal kan. Ternyata masih ada kendala pada level para pemegang saham. Nah hari ini sudah selesai semua, clear," jelas pria yang biasa disapa Emil ini.

Emil menargetkan perpanjangan runway tersebut bisa selesai di Desember. Selain itu, Ridwan Kamil mulai besok akan menandatangani sejumlah dokumen agar pembangunan bisa segera dilaksanakan.


"(Target runway selesai) itu Desember, itu untuk pesawat lebar saja. Kan sampai Desember belum ada juga kan," tambahnya.

Sebagai informasi panjang runway Bandara Kertajati saat ini 2.500 meter, dan akan diperpanjang menjadi 3.000 meter. Secara bertahap akan kembali diperpanjang menjadi 3.500 meter sesuai masterplan. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed