Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 08 Okt 2018 14:06 WIB

Berapa Investasi Proyek Anti Macet Jakarta-Bekasi?

Selfie Miftahul Jannah - detikFinance
Ilustrasi macet tol Jakarta-Bekasi/Foto: Twitter TMC Polda Metro Jaya Ilustrasi macet tol Jakarta-Bekasi/Foto: Twitter TMC Polda Metro Jaya
Jakarta - PT Pelabuhan Indonesia II dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan merealisasikan proyek kanal Cikarang Bekasi Laut. Berapa investasinya?

Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II (Persero) Saptono R. Irianto mengatakan total pembangunan proyek Kanal Cikarang Bekasi Laut (CBL) atau proyek anti macet Jakarta-Bekasi memiliki biaya pengerjaan proyek mencapai Rp 3,4 triliun.

"Biaya total proyek Kanal Cikarang Bekasi Laut diproyeksikan senilai Rp 3,4 triliun," katanya kepada detikFinance, Senin (8/10/2018).


Ia menjelaskan, Pemerintah telah menyatakan Pembangunan Terminal dan Inland Waterways CBL menjadi salah satu Proyek Strategis Nasional yang tertuang dalam Peraturan Presiden No. 58 tahun 2017 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

Dalam skema kerjanya, kapal- kapal tongkang akan dapat masuk ke kanal CBL hingga kawasan industri Cikarang dan Bekasi bisa terintegrasi langsung melalui jalur laut untuk menuju Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Dari realisasi proyek yang akan dibangun, nantinya akan ada sekitar 100 kotak kontainer yang bisa diangkut melalui jalur laut dalam sekali jalan.

"Jika kapal tongkang dapat masuk kanal tersebut hingga kawasan industri Cikarang, diharapkan setidaknya akan ada 80-100 kotak kontainer terangkut sekali jalan," jelasnya.


Sebagai informasi sebelumnya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tengah kembali menghidupkan kembali realisasi dari proyek Kanal CBL. Ia menjelaskan dengan adanya CBL kontainer dan angkutan logistik besar tidak perlu lagi lewat tol. Sehingga, jalur tol Jakarta-Bekasi dan sebaliknya bisa berkurang kemacetannya.



Simak video Tol Becakayu, Buat Jakarta-Bekasi Kian Dekat

[Gambas:Video 20detik]

(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed