Follow detikFinance
Sabtu, 27 Okt 2018 14:03 WIB

Ini Lho Suramadu, Jembatan Terpanjang RI yang Digratiskan Jokowi

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Kementerian PUPR Foto: Kementerian PUPR
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan untuk menggratiskan bagi setiap kendaraan yang melintasi Jembatan tol Surabaya-Madura (Suramadu).

Hal itu disampaikan oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk lewat akun instagramnya. Disebutkan Jembatan Suramadu menjadi satu-satunya penghubung jalur darat Surabaya dan Madura yang sebelumnya hanya tersedia di jalur laut. Besok, 27 Oktober 2018 akan dilakukan pembebasan tarif Jembatan Suramadu oleh Presiden Jokowi.

Bebas tarif di Jembatan Suramadu berarti mulai berlaku hari ini. Namun tahukah kalian jika Jembatan Suramadu merupakan yang terpanjang di Indonesia?


Berdasarkan informasi yang dirangkum detikFinance, Sabtu (27/10/2018). Jembatan Nasional Suramadu merupakan jembatan penghubung Pulau Jawa (Surabaya) dengan Pulau Madura yang memiliki panjang 5.438 meter.

Saat ini, Jembatan Suramadu menjadi yang terpanjang di Indonesia dan memiliki 3 bagian, yaitu jalan layang, jembatan penghubung dan jembatan utama.

Jembatan Suramadu bukan hanya sekadar penghubung Surabaya dengan Pulau Madura, tetapi juga menjadi salah satu tujuan wisata favorit bagi warga sekitar ataupun para traveler yang sengaja datang dari luar kota untuk melihat secara langsung gagahnya ini.


Panjangnya jembatan yang dikelilingi lautan memberikan sensasi berbeda saat melintasinya. Dan jika memandang ke arah Surabaya, Anda bisa melihat patung Jalesveva Jayamahe dan kawasan Pantai Kenjeran. Sesekali, Anda juga bisa menyaksikan kapal yang sedang berlayar.

Jembatan yang digagas Soekarno, disikapi Soeharto, dibangun Megawati, dan Diresmikan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini pun investasinya ditaksir mencapai Rp 2,82 triliun. Namun berdasarkan informasi berbagai sumber, ternyata biaya pembangunan Suramadu menjelang diresmikan penggunaannya oleh Presiden SBY mencapai sekitar Rp 4,5 triliun. Waktu pengerjaannya pun molor hingga enam tahun.



Tonton juga video 'Megaproyek Jembatan Terpanjang Sedunia Dibuka Untuk Umum':

[Gambas:Video 20detik]

(hek/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed