Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 02 Nov 2018 14:05 WIB

Antasari-Sawangan Tersambung Tol Mei 2019, Sampai Bogor 2021

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Lamhot Aritonang Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Tol Depok-Antasari saat ini baru menyambungkan Antasari sampai Brigif sepanjang 5,8 km. Tahun depan, jalan tol yang doperasikan oleh PT Citra Wassputhowa ini dijanjikan tersambung sampai Sawangan.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Utama PT Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP) Tbk Tito Sulistio. Sepanjang 6,3 km dari Brigif sampai Sawangan dijanjikan kelar pada April 2019.

"Tol Desari sampai Sawangan tahun depan April-Mei sudah selesai," katanya dalam wawancara eksklusif di Jakarta, Rabu (31/10/2018).

Tito mengakui pembangunan tol Desari sempat molor lantaran kendala pembebasan lahan. Namun untuk seksi kedua ini, Tito mengatakan tantangan pembebasan lahan relatif teratasi.

"Membangunnya on time kok. Sekarang pembebasan praktis sudah oke sampai Sawangan. Kalau nggak salah tinggal 1 km lagi (pembebasan lahan). Tapi itu sudah rapi, sudah rata semua. Cuma memang masih ada lagi kan perpanjangan sampai ke Salabenda, Bogor," lanjutnya.



Sementara rute perpanjangan sampai ke Salabenda, Bogor diperkirakan baru bisa rampung pada tahun 2021. Dengan perpanjangan ini maka Tol Desari akan terkoneksi dengan Tol Bogor Outer Ring Road (BORR).

"Sampai Salabenda Bogor kita targetkan 2021," katanya.

Seperti diketahui, tol Desari terbagi menjadi 3 seksi. Seksi I yakni Antasari-Brigif sepanjang 5,8 km, Seksi II Brigif-Sawangan 6,3 km, dan Seksi III Sawangan-Bojonggede dengan panjang 9,5 km. Total panjang ialah 21,6 km.

Sedangkan jika ditambah sampai ke Salabenda maka total panjang Tol Desari mencapai 28 km. Lalu, nilai investasi naik dari sebelum Rp 4,8 triliun menjadi Rp 6,8 triliun.





Tonton juga 'Asyik, Lewat Tol Desari Seksi I Gratis Selama Seminggu!':

[Gambas:Video 20detik]

(eds/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com