Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 03 Nov 2018 09:47 WIB

Pasir Koja ke Surapati Dibangun Tol Layang

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Wisma Putra Ilustrasi/Foto: Wisma Putra
Jakarta - Selain membangun Harbour Road 2 yang menyambungkan Ancol Timur dengan Pluit di Jakarta, PT Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP) Tbk juga akan menggarap proyek tol di Bandung yang menghubungkan tol Pasir Koja dan Surapati dengan total panjang 14,3 km. Direktur Utama CMNP Tito Sulistio mengatakan rencananya proyek tol yang dinamakan north south link Bandung tersebut ditargetkan dimulai pada rentang Februari-Maret 2019 mendatang.

"Pengennya Insya Allah Februari-Maret (2019) sudah groundbreaking. Itu tengah kota," kata Tito kepada detikFinance beberapa waktu lalu.

Proyek ini memiliki dana investasi sekitar Rp 9 triliun. Pembangunannya akan dilaksanakan oleh PT Wijaya Karya (Wika) dengan skema pendanaan yang melibatkan antara Wika, PT Citra Marga Lintas Jabar (CMLJ) dan PT Girder Indonesia (GI).

Pembangunan tol ini diharapkan bisa mengurai kemacetan Kota Bandung serta mengakomodir pergerakan kendaraan dari arah selatan ke Utara maupun sebaliknya. Tol ini juga akan terkoneksi langsung dengan Bandung Intra Urban Toll Road (BIUTR) yang rencananya juga akan dimulai dalam waktu dekat.



Bandung Intra Urban Toll Road (BIUTR) memiliki nilai investasi kurang lebih sebesar Rp 10 triliun. Proyek BIUTR akan menghubungkan wilayah Pasteur-Cileunyi (Tol Cisumdawu) dan Gedebage (Tol Purbaleunyi) dengan panjang 25,35 km.

Pembangunan rute Pasteur-Cileunyi akan melewati Gasibu, Pahlawan, Cicaheum, Ujung Berung, Cibiru. Sementara itu, pembangunan di ruas Ujung Berung juga akan dilanjutkan menuju Gedebage hingga terhubung. BIUTR rencananya dibuat melayang di atas ruas jalan eksisting yang ada saat ini sehingga kapasitasnya menjadi dua kali lipat lebih banyak.

(eds/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com