Mau Diresmikan Jokowi, Tol Batang-Semarang Dipakai Gowes

Angling Adhitya Purbaya - detikFinance
Sabtu, 03 Nov 2018 11:07 WIB
Jakarta - Tol Semarang-Batang yang rencananya akan diresmikan Presiden Joko Widodo bulan Desember, hari ini menjadi sirkuit gowes. Para peserta BTN Tour de Borobudur diberi kesempatan melintas dan melihat proses pengerjaan ruas tol tersebut.

Start dimulai dari Balai Kota Semarang dengan ditandai pengibaran bendera oleh salah satu peserta yaitu Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Pada hari pertama ini ada 2 kelompok yang dilepas Ganjar.

Kelompok pertama adalah kelompok 200 K dengan rute Balai Kota Semarang menuju Pangkalan Truk Pokar Mijen-Boja-Taman Wisata Plantera Kendal dan Finish di jembatan Kalikutho tol Batang.

Kelompok dua adalah VIP yang menyusuri rute Balai Kota Semarang- Pintu Tol Ngaliyan- Rest Area Ngaliyan KM 420 dan akan finish di jembatan Kali Kutho Tol Batang.



Ganjar mengatakan pada Tour de Borobudur kali ini, para peserta diajak melintasi tol Semarang-Batang, mulai dari jembatan Kalikutho hingga Ngaliyan.

"Sekarang kita mau pamer infrastruktur, maka kita lewat tol. Sehingga mereka bisa tahu progres tolnya kayak apa, kelak akan seperti apa dan seterusnya," kata Ganjar di Balai Kota Semarang, Sabtu (3/11/2018).

Sementara itu Direktur Utama BTN, Maryono mengatakan kegiagan kali ini juga diisi dengan kegiatan menanam 10.000 pohon trembesi sepanjang Tol Batang-Semarang dengan menggandeng Djarum Foundation Bakti Lingkungan.

"Mereka kami ajak untuk ikut terlibat membantu sesama. Bantuan CSR tersebut nantinya akan didonasikan untuk membantu para korban di Palu, Sigi, dan Donggala," jelas Maryono.

Setelah hari pertama, pada Minggu besok akan dilepas peserta yang akan melintas dari Semarang menuju candi Borobudur di Magelang. Total peserta dalam dua hari ini mencapai lebih dari 2.000 orang, termasuk peserta dari Jerman, Perancis, Jepang, Australia dan Belanda.

(alg/eds)