Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 12 Nov 2018 15:29 WIB

Pemerintah Rayu Swasta Bangun MRT Tangerang-Cikarang

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Dok. MRT Jakarta Foto: Dok. MRT Jakarta
FOKUS BERITA MRT Siap Beroperasi
Jakarta - Setelah proyek jalur moda raya terpadu (MRT) Jakarta tahap I selesai, pemerintah akan melanjutkan pembangunan tahap dua dan jalur East-West, yakni dari Cikarang di Bekasi hingga Balaraja di Tangerang.

Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihatono menerangkan pembangunan MRT jalur East-West akan dilakukan tak berjauhan waktunya dengan tahap II (Bundaran HI-Kampung Bandan).

Pembangunan rute tersebut akan dilakukan sedikit berbeda dengan yang tahap I. Pemerintah akan menggunakan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) atau mengundang pihak swasta untuk berinvestasi.

"East-west ini kami mau bangun duitnya dari swasta, tidak seperti yang tahap I ini kan. Makanya saya lagi istilahnya merayu-rayu swasta mana yang mau investasi misalnya di wilayah timur di wilayah barat," ujarnya usai menghadiri Asean University Network (AUN), International Sustainable Infrastructure and Urban Development 2018 di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Senin (12/11/2018).



Bambang menilai proyek MRT kedua sesi itu cukup menarik bagi swasta. Apalagi di wilayah Cikarang merupakan wilayah industri.

"Kita lagi undang para industri, di sana daerah industri semua kan. Kita undang mereka ikut berpartisipasi," tambahnya.

MRT nantinya juga akan diperpanjang dari Jakarta ke Tangerang Selatan (Tangsel). Perpanjangan jalur ke Tangsel juga rencananya akan menggunakan skema KPBU.

Seperti diketahui, pembangunan MRT fase I dan II menggunakan pembiayaan dari pinjaman ke pemerintah Jepang. Total pinjaman yang dilakukan untuk fase II saja mencapai Rp 25,6 triliun.





Tonton juga 'Asyik! Tiket MRT Terintegrasi Tansportasi Umum Lainnya':

[Gambas:Video 20detik]

(das/eds)
FOKUS BERITA MRT Siap Beroperasi
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed